Cara AKBP Dwiasi Jaga Nyawa Jokowi saat Kunker ke Ngawi

Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera meninjau pengamanan kedatangan Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Polres Ngawi menerapkan pengamanan dengan sistem ring berlapis terkait rencana kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di wilayah Ngawi pada Sabtu, 11 Maret 2023.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Kapolres Ngawi, Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiasi Wiyatputera mengatakan, pengamanan sistem pola ring berlapis yang diterapkan meliputi ring 1, 2 dan 3.

Untuk ring 1 adalah Pasukan Pengamanan Presiden alias Paspampres. Ring 2 bersama Korem Dirot Saha Jaya Jawa Timur

Ironis! Istri di Ngawi Meninggal Dunia Usai Cabut Gigi Bungsu di Klinik

"Kami menerapkan pola sistem ring, ada ring 1, ring 2 dan ring 3," ujar dia kepada wartawan, Jumat 10 Maret 2023.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Dia menjelaskan, pengamanan di ring 1 diisi paspampres lantaran kewenangan mereka yang melekat dengan presiden. Khusus untuk ring 2 dalam kunjungan presiden kali ini, Polres Ngawi mengerahkan sekitar 460 personel. Kata dia, sistem pengamanan yang dilakukan pihaknya dikolaborasikan  dengan pihak TNI sesuai petunjuk Danrem. Mulai dari presiden datang, pengecekan keamanan lokasi sampai ke arah masuk acara.

"Kami menggelar personel pengamanan bersama TNI di Ngawi, selain ring 1, ring 2 dan ring 3 sekitar 460 personel dengan sistem terbuka dan tertutup. Ada yang berpakaian dinas, ada yang berpakaian preman," katanya. 

Dirinya pun mengaku telah memberikan jaminan keamanan sampai di tempat lokasi. Selain itu, kepolisian sudah meminta kepada pemerintah kabupaten Ngawi menyediakan sejumlah fasilitas seperti fasilitas kesehatan, mandi cuci kakus (MCK), dan keperluan-keperluan lain yang dibutuhkan masyarakat. Dia berharap tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan besok.

"Kami harapkan dengan pola-pola seperti ini, hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Bagaimanapun juga diharapkan kerja samanya dengan seluruh masyarakat, sejak masuk juga kami imbau dan beritahu bahwa lokasinya di tempat ini. Sampai saat ini, situasi dan gladi  yang sudah dilaksanakan oleh seluruh pihak, sudah terlaksana. Tapi mungkin belum banyak yang datang. Kalau sekarang dilihat yang sudah hadir di sini sekitar 6 ribuan penonton atau pengunjung," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya