LIVE Breaking News: Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah

Pemantauan Hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kementerian Agama (Kemenag) akan menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah pada Rabu, 22  Maret 2023. Sidang isbat (penetapan) tersebut akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Gelaran sidang ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, menjelaskan sidang isbat penetapan awal Ramadhan tersebut mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan atau rukyatul hilal.

Secara hisab, lanjut Kamaruddin, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 00.23 WIB. Secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Ramadhan 1444 H, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). 

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

"Pada hari rukyat, 29 Syakban 1444 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit, dengan sudut elongasi antara 7,93 derajat sampai dengan 9,54 derajat," jelas Kamaruddin.

Simak selengkapnya pengumuman pemerintah berikut:

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf
Head of PR Ninja Xpress, Ribka Pratiwi

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ninja Xpress mengungkapkan, pada momen Ramadhan 2024 jumlah pengiriman paket melonjak 20 persen dibandingkan periode normal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024