20 April Puncak Arus Mudik di Stasiun KA Yogyakarta-Solo

Kereta api angkutan lebaran di Stasiun Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Nasional – Sebanyak puluhan ribu pemudik telah berdatangan di sejumlah stasiun yang ada di wilayah Daop 6 Yogyakarta. Puncak kedatangan pemudik yang memanfaatkan moda transportasi kereta api itu diperkirakan pada tanggal 20 April 2023 mendatang.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan kenaikan kedatangan penumpang kereta api di sejumlah stasiun Yogyakarta dan Solo telah mulai terlihat sejak tanggal 14 April 2023 lalu. Dibandingkan sebelum tanggal tersebut rata-rata jumlah kedatangan penumpang di Daop 6 Yogyakarta.

"Kedatangan sudah mulai ada kenaikan kalau di rata-rata kedatangan rata-rata arus mudik itu sekitar 10 ribu dengan 11 ribu, sekarang bisa sampai 15 ribu dan 16 ribu kedatangan," kata dia di Solo, Senin, 17 April 2023.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sedangkan puncak kedatangan pemudik di Daop 6 Yogyakarta, Franoto memperkirakan bakal terjadi pada tanggal 20 April 2023 mendatang. Jumlah penumpang yang turun di sejumlah stasiun Yogyakarta dan Solo mencapai 18 ribu hingga 20 ribu penumpang.

"Prediksi awal tanggal 20 April, tapi dengan bergesernya cuti yang dimulai tanggal 19 April, bisa saja puncaknya tanggal 19 April 2023," sebutnya.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang selama arus angkutan Lebaran, PT KAI Daop 6 Yogyakarta telah menambah sebanyak delapan kereta api tambahan. Selain menambah jadwal kereta api tambahan, pihaknya juga memaksimalkan jumlah rangkaian kereta.

"Semisal memaksimal rangkaian KA Argo Dwipangga yang biasanya membawa delapan kereta, kita tambah menjadi sembilan kereta," ujarnya

Mudik Lebaran di Stasiun Senen

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Tidak Ada Tiket Tambahan

Diketahui, PT KAI  memastikan tidak ada lagi penjualan tiket tambahan meskipun animo masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api masih tinggi menjelang Lebaran 2023. "Iya, betul tidak ada lagi tiket tambahan," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa 

Pada masa angkutan Lebaran 2023 yang dimulai dari 12 April hingga 3 Mei, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan hingga satu juta tiket atau bangku kereta api jarak jauh dengan 1.513 perjalanan KA untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Jumlah tersebut sudah termasuk dengan 303 perjalanan KA tambahan yang tiket nya sudah dijual sejak 13 Maret. KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit , seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

PT KAI juga melayani penjualan tiket "go show" untuk pemesanan tiket dan perjalanan pada hari yang sama. pemesanan dapat dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Adapun tiket yang dijual "go show" menyesuaikan dengan ketersediaan tiket pada aplikasi KAI Access.

Berdasarkan keterangan PT KAI yang diterima di Jakarta, Minggu, tiket kereta api jarak jauh yang masih tersedia pada masa angkutan Lebaran 2023, antara lain KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), KA Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp), KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp).

Selain itu, ada pula KA Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), KA Taksaka (Gambir - Yogyakarta pp), KA Purwojaya (Gambir - Cilacap), KA Senja Utama Yk (Pasar Senen - Yogyakarta pp).

Sementara itu, perjalanan kereta api yang okupansi nya mencapai 100 persen, yaitu KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng pp).

Kemudian, KA Rajabasa (Kertapati - Tanjungkarang pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Probowangi (Surabaya Gubeng - Ketapang pp), KA Bukit Serelo (Kertapati - Lubuklinggau pp), KA Tawang Alun (Malang Kota Lama - Ketapang pp), KA Ranggajati (Cirebon - Jember pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya