Kepala Dinkes Lampung Diperiksa KPK 3 Jam: Cuma Klarifikasi LHKPN

Kadinkes Lampung Reihana Diperiksa KPK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), telah rampung melakukan klarifikasi terhadap Kepala Dinas Kesehatan atau Dinkes Lampung, Reihana. Perempuan yang sempat viral di media sosial tersebut, memberikan klarifikasi tersebut di gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Berdasarkan pantauan VIVA di gedung KPK, Reihana keluar ruangan gedung sekira pukul 12.37 WIB. Ketika keluar, Reihana memilih irit berbicara kepada para awak media yang sudah menunggu keterangan darinya.

Ia pun hanya berucap bahwa dirinya telah memberikan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kepada Direktorat LHKPN KPK.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

"Cuma klarifikasi (harta kekayaan ke tim PP Direktorat LKHPN) aja ya" ujar Reihana di KPK, Senin 8 Mei 2023. Reihana pun menyerahkan seluruh jawaban atas klarifikasi LHKPN miliknya kepada pihak KPK.

Sebelumnya diberitakan, Reihana datang menggunakan kemeja berkelir putih dan rok hitam, ke KPK. Dia juga mengenakan jilbab putih menjulang ke atas di bagian ujung depan. Dimana itu menjadi gaya khasnya dalam berjilbab. Ia pun tampak menenteng tas bermotif bunga.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Reihana tak banyak bicara ketika hendak memasuki gedung Merah Putih KPK. Termasuk ketika ditanya soal dokumen yang dibawanya untuk diklarifikasi oleh komisi antirasuah itu.

Selanjutnya, Kadinkes Lampung itu hanya menyebutkan bahwa dirinya dalam kondisi sehat jelang beri klarifikasi LHKPN. Kemudian, Reihana pun ketika menunggu giliran untuk masuk ke dalam gedung guna beri klarifikasi LHKPN tampak menutupi wajahnya dengan sebuah majalah yang dibawanya. Majalah itu pun memiliki sampul bertuliskan 'Venue 30 Mice Terbaik'.

Kadinkes Lampung Reihana tiba di KPK

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Benar, KPK mengundang Kadinkes Provinsi Lampung terkait permintaan klarifikasi LHKPN," kata Juru Bicara KPK bidang pencegahan, Ipi Maryati dalam keterangannya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan kejanggalan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung, Reihana. KPK mengatakan jumlah laporannya terbilang sedikit, sehingga tidak sesuai dengan profilnya.

Hal itu, diterangkan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, berdasarkan hasil analisa awal pihaknya. 

“Iya (laporan) hartanya terlalu sedikit (di LHKPN)," kata Pahala Nainggolan dikonfirmasi awak media, Kamis, 20 April 2023. 

Meski begitu, terang Pahala, analisa keseluruhan masih dilakukan, terutama laporan tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, tim KPK memanggil Reihana untuk klarifikasi harta setelah lebaran. 

"Sedang dianalisa LHKPN beberapa tahun. Dicek juga rekening bank, sertifikat tanah dan lain-lain. Sedang dicek apa ada pengaduan tentang beliau. Abis lebaran kalau analisa ada ketidakcocokan, kami undang klarifikasi," kata Pahala.

Diketahui, beberapa harta kekayaan Reihana ramai diperbincangkan masyarakat lantaran unggahannya di media sosial yang dipandang sering memamerkan harta kekayaan. Berbagai barang mewah mulai dari tas dengan merk ternama dan bernilai fantastis, serta sejumlah aksesoris yang kerap dipakainya ini mendapat banyak komentar warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya