Ibadah Haji 2023 Istimewa, Tantangan Banyak Lansia dan Cuaca Panas

Direktur Bina Haji, Arsad Hidayat
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA Nasional – Tahun 2023 menjadi tahun penyelenggaraan ibadah haji yang istimewa. Direktur Bina Haji Kementrian Agama, Arsad Hidayat mengungkap sejumlah alasan, mengapa tahun ini menjadi menjadi tahun penyelenggaraan ibadah haji yang istimewa. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dimulai dari alasan, tahun 2020 dan 2021, tidak adanya penyelenggaraan ibadah haji. Semua kegiatan haji terpaksa harus tertunda pada 2020 karena pandemi. Berlanjut di tahun 2021, setelah melalui proses perencanaan dan persiapan panjang tetap penyelenggaraan haji di tahun tersebut harus tertunda.

"Kita rapat persiapan haji 2021 sampai 20 kali baik untuk lansia maupun non lansia. 2022 jelang haji kita dapat kuota 46 persen tapi ada pembatasan usia hanya sampai 65 tahun. Berapa tahun lansia tidak berangkat? Akhirnya tahun ini kumpul lansia banyak yang berangkat," kata Arsad saat hadir dalam Edukasi Media Center Haji 2023 di Hotel 101 Urban Jakarta, Selasa, 9 Mei 2023.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Direktur Bina Haji, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag, Arsyad Hidayat

Photo :
  • Media Center Haji

Jangan heran katanya, jika tahun ini jumlah lansia yang akan diberangkatkan sampai 67 ribu jamaah lansia.  "1/3 jamaah dari 203 ribu jamaah reguler yang berangkat lansia." 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Untuk itu, lanjut Arsad, perlu ada upaya-upaya terstruktur bagaimana melayani jamaah haji lansia. Tahun 2023 ini diyakininya sebagai pilot project ke depan tren haji lansia yang diprediksi bakal terjadi lagi.

"Berdasarkan hitungan kasar saya, kira-kira tren lansia ke depan bakal naik atau tidak? Saya yakin tren lansia akan ada dan akan ada terus. Jadi 2023 ini akan jadi role model untuk ibadah haji lansia berikutnya. Ini makanya penting sekali bagaimana merumuskan bagaimana ramah lansia dalam dimensi kawan-kawan MCH, saya kira ini penting juga," katanya lagi.

Sarmi Rukamin Majari atau Mbah Sarmi, jemaah haji lansia asal Tulungagung.

Photo :
  • PPIH Embarkasi Surabaya

Arsad pun berharap ada banyak informasi yang bermanfaat untuk para lansia terkait penyelenggaraan ibadah haji termasuk soal layanan ramah lansia yang bisa bikin jamaah merasa nyaman beribadah. 

"Kami dari direktorat pelayanan haji dan umroh, semua mengarah dimensinya ramah lansia, tuntunan manasik haji dan umroh untuk lansia, buku nya bisa didownload di web Kemenag, untuk mengetahui bagaimana tuntunan haji atau ibadah haji ramah lansia."

Selain itu kata Arsad, penguatan petugas haji juga tahun ini pihaknya berani merekrut dalam jumlah besar-besaran demi menempati pos pelayanan lansia.

"Sebelumnya belum pernah ada ketua layanan haji khusus lansia dan disabilitas."

Selain jumlah lansia yang banyak di penyelenggaraan haji 2023, keistimewaan lain yang harus diantisipasi adalah tantangan cuaca panas. "Kalau ketepuk angin di bandara itu kaya ditabok api. Itu saking panasnya, apalagi ketika suhunya mencapai 50 derajat celsius, jadi tantangan kita banyak. Udah banyak lansianya, banyak yang pakai kursi roda. Jadi sebagai petugas haji akan banyak aktivitas kita yang tadinya mau disisihkan untuk ibadah, saat lihat lansia yang butuh pertolongan jadi kita tolong lansia dulu," terangnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya