Luhut Batal Hadir, Sidang Haris Azhar-Fatia Ditunda Jadi 8 Juni

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Nasional – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan batal hadir dalam sidang lanjutan perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanty, dengan agenda pemeriksaan saksi hari ini.

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

"Kami penuntut umum telah melayangkan surat panggilan saksi kepada Luhut Binsar Pandjaitan pada tanggal 23 mei 2023 untuk hadir di persidangan hari ini Senin 29 Mei 2023, namun yang bersangkutan saksi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan permohonan maaf karena yang bersangkutan saat ini sedang berada di luar negeri untuk melaksanakan tugas kenegaraan mewakili pemerintah sebagaimana surat yang kami terima atas jawaban dari surat panggilan kami yang mulia. Mohon izin apakah bisa kami perlihatkan suratnya kepada majelis hakim," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU), Senin 29 Mei 2023.

Haris Azhar jalani sidang putusan sela

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

Hakim ketua Cokorda Gede Arthana pun menerima surat dari JPU itu. Pun, kata Cokorda, Pengadilan Negeri Jakrta Timur sudah menerima surat dari kuasa hukum Luhut, Juniver Girsang kalau kliennya berhalangan hadir. Sidang ini pun diminta diundur jadi tanggal 8 Juni 2023.

"Tentunya demi kepentingan  pemeriksaan perkara ini, kami sesuai dengan surat yang diajukan penuntut umum memohon supaya persidangan ini diundur sesuai dengan surat ini yaitu setelah tanggal 7 tepatnya tanggal 8 hari Kamis tanggal 8 Juni 2023," ujar Cokorda.

Anak Buah Luhut Sebut Lebih Cocok Mobil Listrik, Hidrogen Buat Bus dan Truk

Sebelumnya diberitakan, Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanty, hari ini.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dijadwalkan jadi saksi dalam sidang dengan agenda pemeriksaan saksi. Tapi, pengacara Luhut, Juniver Girsang mengaku belum bisa memastikan apakah kliennya bakal datang dalam agenda pemeriksaan itu atau tidak. Namun, kemungkinan Luhut tidak hadir karena masih ada di luar negeri.

"Masih di China setahu saya, iya agenda tugas negara di sana," kata dia kepada wartawan, Senin 29 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya