Salat Id di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menko PMK Beri Pesan Ini

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1444 Hijriah di Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 28 Juni 2023.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

Pantauan VIVA, Muhadjir Effendy terlihat hadir dengan menggunakan baju koko berwarna putih dipadu dengan sarung warna biru dan peci berwarna hitam. Dia datang sendiri lalu langsung memasuki barisan depan.

Dalam momen Idul Adha kali ini, Muhadjir mengatakan bahwa dia memilih untuk menjadi jemaah ketimbang menjadi khatib lantaran ingin lebih khusyuk mendengar ceramah.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Salat Idul Adha digelar di halaman kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jakarta.

Photo :
  • Viva.co.id/ Agus Rahmat

"Saya kira Idul Adha hari ini akan berjalan lancar begitu juga yang menyelenggarakan Idul Adha besok," kata Muhadjir kepada wartawan, Rabu, 28 Juni 2023.

Terpopuler: Penceramah Singgung Pemilu, TNI Pakai Istilah OPM hingga Iran Balas Serang Israel

Perayaan hari Idul Fitri dan Idul Adha ini memang sering terjadi perbedaan. Namun, Muhadjir berharap agar toleransi terus terjaga antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

"Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah dan ilmiah. Sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting mari terus kita pupuk tali persaudaraan, ukuwah islamiah, ukuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air, itu yang penting," ujarnya.

Dalam salat Id tersebut, hadir juga Dubes Lebanon untuk Indonesia Hadjiryanto Y Thohari. Dalam pelaksanaan ibadah salat Idul Adha di PP Muhammadiyah ini, bertindak sebagai khatib/imam adalah Dr KH Endang Mintaradja, yang merupakan Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah.

Pantauan VIVA di kantor PP Muhammadiyah, nampak para jemaah yang ikut salat Idul Adha, meluber sampai jalan raya. Akses jalan dari arah Cikini yang melewati Kanisius dan PP Muhammadiyah, ditutup. Sementara jalur sebelahnya, masih dibuka.

Sebagai informasi, Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah tepat pada Rabu 28 Juni 2023. Sementara pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya