Puan Sebut Hasto Bertemu Mensesneg untuk Sampaikan Pesan Megawati Soal Peran Pemerintah Saat Pemilu

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kementerian Sekretaris Negara, Senin, 10 Juli 2023. 

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Dalam pertemuan itu, Hasto menyampaikan pesan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Pratikno. Salah satu pesannya yakni terkait dengan peran pemerintah dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Yang pasti bahwa pertemuan tersebut adalah ingin mengingatkan kembali bahwa ke depan itu pemilu harus dilaksanakan dengan baik, sebaik-baiknya kemudian bagaimana kita bergotong-royong dalam membangun bangsa dan negara dalam membangun bangsa dan negara," ujar Ketua DPP PDIP, Puan Maharani kepada wartawan, Selasa, 11 Juli 2023.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Ketua DPR RI, Puan Maharani

Photo :
  • FaktualNews

"Mengingatkan juga peran dari pemerintah sangat penting untuk bisa menyukseskan pemilu yang akan datang dan tentu banyak hal yang dibicarakan terkait bagaimana membangun bangsa dan negara," sambungnya.

Jelang Pilkada 2024, KPU Kabupaten Tangerang Coret Pelamar PPK karena Langgar Kode Etik

Puan mengklaim, pertemuan pimpinan partainya dengan pemerintah sering terjadi. Puan juga menyebutkan, dirinya sering diminta bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas isu-isu nasional.

"Saya juga sering diminta untuk ketemu dengan Presiden misalnya untuk membahas isu-isu aktual, bagaimana menyelaraskan dan mensinergikan apa yang kemudian dilakukan oleh PDIP sebagai partai pendukung pemerintah, yang mana ingin agar pemerintah berjalan dengan baik sampai pada akhirnya," kata Puan.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno di kantornya pada Senin, 10 Juli 2023. Tujuannya, Hasto ingin menyampaikan pesan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kepada Pratikno. 

Namun, Hasto tidak menyebut secara rinci pesan apa yang dititipkan Megawati untuk Pratikno. Hanya saja, ia mengatakan memang sudah rutin juga tiap 3 bulan sekali melakukan pertemuan dengan Pratikno. Termasuk, kata dia, ditugaskan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Saya kan rutin hampir 3 bulan sekali ditugaskan bertemu dengan Pak Mensesneg dan Bapak Presiden. Kebetulan saya pernah ketika mau ngambil doktor, itu Mas Pratik masih sebagai Dekan di Fakultas Hukum UGM. Jadi memang dekat. Tentu saja, saya menyampaikan beberapa pesan dari Ibu Megawati Soekarnoputri kepada Mensesneg,” kata Hasto di Jakarta.

Hasto tidak menepis dalam pertemuan dengan Pratikno juga membahas terkait politik di Indonesia. “Politik kebangsaan untuk visi masa depan bangsa dan negara, yang kami bahas secara bersama-sama,” ujarnya.

Kemudian, Hasto menjelaskan alasannya kenapa tidak menyampaikan langsung kepada Presiden Jokowi. Justru, kata dia, hal ini merupakan tindaklanjut karena 22 Juni 2023 lalu sudah menyampaikan undangan menghadiri puncak peringatan bulan Bung Karno.

“Kemudian sebagai tindak lanjut dari pertemuan Bapak Presiden pada hari ini dilakukan beberapa hal yang sifatnya strategis, seperti tindak lanjut pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya