Wapres Ma'ruf Apresiasi Operasi Katarak yang Digelar MIND ID di Mimika, Puluhan Warga Ikut Serta

Wapres Ma'ruf Amin meninjau kegiatan operasi katarak di Mimika, Papua.
Sumber :
  • Dok. MIND ID

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau pelaksanaan bakti sosial (baksos) operasi katarak dan bibir sumbing di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Timika Wonosari Jaya di Mimika, Papua Tengah, Rabu, 12 Juli 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Wapres Ma'ruf mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Ma'ruf, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, namun perlu berkolaborasi dengan berbagai simpul lembaga dalam menghadirkan pelayanan publik.

Kegiatan bertema Kitorang Melihat Terang itu digelar anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama dengan Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Pemerintah Daerah Provinsi Papua Tengah dan kabupaten Mimika, serta Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Sebanyak 78 pasien (105 biji mata) akan dilakukan operasi katarak oleh dokter dari Perdami. Sementara operasi bibir sumbing bakal dilakukan oleh tim dokter dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dengan jumlah pasien bibir sumbing sebanyak 11 orang. 

Wapres Maruf Amin meninjau kegiatan operasi katarak di Mimika, Papua.

Photo :
  • Dok. MIND ID
Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

"Slogan Kitorang Melihat Terang telah mewujud secara nyata. Terang tidak saja bagi kembalinya penglihatan saudara-saudara kita di sini, tetapi juga terang akan Papua yang maju wilayahnya, makmur ekonominya, pintar sumber daya manusianya," ujar Wapres Ma’ruf dikutip dari Antara, Jumat, 14 Juli 2023.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, kegiatan amal tersebut merupakan bentuk dukungan yang terus dilakukan MIND ID beserta anggota perusahaan. "Bakti sosial ini tentunya sesuai dengan alur jalan keberlanjutan MIND ID melalui pilar Community and Society," kata Heri Yusuf dalam keterangan tertulis dikutip Jumat, 14 Juli 2023.

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, komitmen kuat Grup MIND ID, PTFI untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat di Kabupaten Mimika, khususnya dalam menghadapi masalah kesehatan. “Ini merupakan tambahan dari program sosial kami, seperti program pendidikan, kesehatan dan program lainnya yang sudah berjalan,” ujar Tony.

Sementara Ketua Umum PPAD, yang juga merupakan Komisaris Utama MIND ID, Letjen TNI (Purn) Dr. (H.C.) Doni Monardo mengatakan, meski sudah berstatus pensiun, tapi urusan kepedulian terhadap sesama tidak pernah kendor. 

"Seperti disampaikan Bapak Wakil Presiden, pensiun hanyalah soal administratif. Akan tetapi sebagai bhayangkara negara, tugas pengabdian kepada bangsa terus kami lakukan hingga telinga kami tak mampu lagi mendengar tembakan salvo. Dengan kata lain, sampai akhir hayat dikandung badan," kata Doni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya