Rapat Bersama BNPB, Ketua DPRD Jambi: Pencegahan Karhutla Ikuti Arahan Presiden

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto hadiri rapat bersama BNPB
Sumber :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

Jambi – Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menghadiri rapat bersama dengan Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto. 

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Rapat tersebut digelar pada Selasa malam, 18 Juli 2023 di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, dalam rangka rapat koordinasi kebakaran hutan dan lahan Provinsi Jambi.

Turut hadir pada kesempatan ini Sekretaris Utama (Sestama) BNPB RI Rustian, Gubernur Jambi Al Haris, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Bupati, Kapolres, Dandim dan kepala OPD di lingkup pemerintahan Provinsi Jambi.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Edi Purwanto menyebutkan bahwa rapat koordinasi yang dilakukan ini sebagai langkah dalam rangka untuk memastikan kesiapan pemerintah Provinsi Jambi dalam pencegahan Karhutla. Provinsi Jambi, kata Edi Purwanto, sebagai provinsi yang pernah mengalami Karhutla cukup parah.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto hadiri rapat bersama BNPB

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

"Maka dalam rapat koordinasi yang langsung dipimpin oleh Kepala BNPB ini memastikan bagaimana kesiapan Provinsi Jambi dalam penanggulangan Karhutla. Karena ini menjadi atensi dari Pak Presiden dalam penanggulangan karhutla ini yaitu memprioritaskan pencegahan," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Edi Purwanto bahwa sebagaimana penyampaian Kepala BNPB sesuai arahan Presiden, bahwa ada sejumlah poin yang harus diperhatikan oleh pemerintah sebagai arahan untuk penanggulangan bencana di daerah masing-masing.

Adapun poin-poin arahan penanggulangan bencana daerah yakni memprioritaskan upaya pencegahan, kemudian Infrastruktur monitoring dan pengawasan harus ada sampai tingkat bawah. 

Kemudian mencari solusi permanen agar tidak ada yang membuka lahan dengan cara membakar, serta melakukan penataan ekosistem dalam kawasan hidrologi gambut dan jangan biarkan api membesar, harus tanggap dan jangan sampai terlambat dan melakukan langkah penegakan hukum tanpa kompromi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto hadiri rapat bersama BNPB

Photo :
  • Syarifuddin Nasution (Jambi)

"Arahan ini kita harapkan menjadi perhatian khusus bagi kita bersama untuk dapat kita lakukan. Kita juga mengucapkan terima kasih atas sejumlah dukungan dari BNPB baik untuk operasi darat maupun untuk Teknologi Modifikasi Cuaca," terangnya.

Lanjut Edi, yang paling penting adalah bagaimana koordinasi bersama dari tingkat bawah, dari daerah sampai dengan provinsi dan pusat. TNI, Polri, Pemerintah, masyarakat semua harus berjibaku bersama. Karena urusan Karhutla ini sudah menjadi urusan negara, maka ini tugas kita bersama menjaga Provinsi Jambi terhindar dari bencana Karhutla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya