Solusi Kurangi Polusi Udara di Jakarta, Jokowi Sebut Pemindahan IKN hingga Mobil Listrik

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi polusi udara di DKI Jakarta yang sudah buruk hingga menjadi perbincangan warganet di media sosial. Jokowi pun memberikan solusi, salah satunya pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Kalimantan Timur.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

“Salah satu solusinya adalah mengurangi beban Jakarta, sehingga sebagian nanti digeser ke Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi dikutip pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Menurut dia, polusi udara di Jakarta yang kurang bagus memang tidak hanya hari ini saja. Akan tetapi, kata dia, polusi udara di Jakarta mulai tercemar sejak beberapa tahun.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

“Ya polusi itu tidak hanya hari ini. Sudah bertahun-tahun kita alami di Ibu kota DKI Jakarta ini, bertahun tahun kita alami,” ujarnya.

Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

Selain pindah ke IKN, Jokowi mengatakan moda transportasi massal harus ditingkatkan baik MRT, LRT hingga keret cepat. Maka dari itu, Jokowi menyebut proyek LRT, MRT dan kereta cepat lagi dikebut penyelesaiannya.

“Moda transportasi massal itu harus, MRT itu harus segera selesai di semua rute, LRT untuk semua rute selesai, kereta cepat. Itu moda-moda transportasi yang mengurangi, akan mengurangi polusi termasuk nantinya pemakaian mobil listrik, kenapa kita berikan dorongan karena itu,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya