Jokowi: ASEAN Harus Bersatu Hadapi Tantangan Global yang Belum Pulih

Presiden Jokowi dalam Konferensi Dialog Antarbudaya dan Antaragama ASEAN
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 ASEAN di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan pada Selasa, 8 Agustus 2023. Menurut dia, ekonomi global belum sepenuhnya pulih sehingga ASEAN harus tetap semangat.

Jokowi Bakal Turun Tangan Benahi Bea Cukai yang Banyak Masalah

“Saya ingin kita meneguhkan kembali semangat dan tekad itu memang tantangan dinamika global saat ini, sangat tidak mudah, ekonomi global belum sepenuhnya pulih, rivalitas makin tajam,” kata Jokowi.

Tetapi, Jokowi meyakini ASEAN mampu melewati berbagai tantangan global yang terjadi saat ini. Syaratnya, kata dia, Negara ASEAN harus bersatu menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Digadang-gadang Jadi Penasihat Prabowo, Jokowi: Saya Masih Presiden Sekarang Ini

“Saya yakin ASEAN mampu, asalkan ASEAN bersatu. Hari ini, 56 tahun yang lalu ASEAN dibentuk dengan tekad menjadikan Asia Tenggara kawasan damai, stabil dan sejahtera,” ujarnya.

Logo ASEAN

Photo :
  • Wikipedia
PM Singapura Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Presiden

Menurut dia, ASEAN adalah contoh keberagaman, harmoni saling melengkapi dan menguatkan, perbedaan ada tetapi tidak menjadi halangan untuk mewujudkan tekad dan cita-cita ASEAN.

“ASEAN harus bisa menjadi Epicentrum of Growth yang memberikan manfaat yang lebih bagi rakyat di kawasan dan dunia,” jelas dia.

Jokowi menyebut ASEAN memiliki aset kuat itu, dimana pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan ASEAN dengan kesempatan ekonomi terbaik.

“Sehingga, momentum ini harus kita manfaatkan untuk menjadikan ASEAN sebagai masa depan dunia, sebagai jangkar perdamaian, jangkar kestabilan, dan jangkar kesejahteraan dunia,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya