Usai Ajak Artis dan Influencer Naik LRT, Jokowi Undang Pemred ke Istana

Presiden Jokowi saat bertemu Pemred Media Massa Nasional di Istana Kepresidenan
Sumber :
  • Biro pers media dan informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Belakangan ini, publik dihebohkan dengan gonjang-ganjing LRT Jabodebek yang dibangun disebut salah desain. Kehebohan itu mencuat setelah Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau karib disapa Tiko menyebut moda transportasi terbaru itu sebagai sebuah proyek yang dalam bahasa Jawa disebut 'salah kedaden', atau yang berarti 'ada sesuatu yang salah terjadi'.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Pemberitaan itu kemudian ramai di media massa nasional. Bahkan hla tersebut juga menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Tak lama setelah berhembusnya isu tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para penggiat seni untuk mencoba moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT) dalam perjalanan dari Stasiun Jati Mulya, Kabupaten Bekasi menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, pada Kamis, 10 Agustus 2023. 

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Presiden Jokowi bersama artis dan influencer jajal LRT Jabodebek

Photo :
  • ANTARA/Indra Arief Pribadi

Tiba sekitar pukul 08.36 WIB, Presiden Jokowi yang menggunakan kemeja putih lengan panjang tampak disambut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan. Selain itu, tampak pula para penggiat seni Tanah Air yang ikut serta dalam uji coba LRT Jabodebek tersebut.

Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Presiden kemudian mengajak para penggiat seni untuk bersama-sama menuju peron dan menaiki gerbong kereta paling depan. Tak berapa lama kemudian, LRT yang membawa Presiden dan rombongan berangkat dari Stasiun Jati Mulya sekitar pukul 08.50 WIB.

LRT tersebut berhenti di sejumlah stasiun yang dilalui, mulai dari Stasiun Bekasi Barat, Cikunir 2 dan 1, Jati Bening Baru, Halim, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, dan berakhir di Stasiun Dukuh Atas. Sepanjang perjalanan, Presiden Jokowi dan para penggiat seni tampak berbincang hangat dan melakukan swafoto bersama. 

Presiden berharap LRT Jabodebek dapat segera dioperasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Presiden juga menyebut bahwa uji coba kali ini kembali dilakukan dalam rangka penyesuaian sistem sebelumnya.

"Jadi ingin melihat lagi, mencoba lagi LRT kita. Kemarin kan ada perlu penyesuaian di sistem, saya lihat sekarang ini tadi saya cek di beberapa stasiun sudah pas. Nanti cek sekali lagi, bagus, akhir bulan insyaallah sudah dioperasikan," ujar Presiden

Sejumlah penggiat seni dan influencer yang diajak Jokowo naik LRT pun mengungkapkan rasa senangnya. Salah satu yang mengungkapkannya yaitu Prisia Nasution.

Jokowi dan sederet artis jajal LRT.

Photo :
  • Instagram @jokowi

Prisia menilai bahwa penggunaan LRT dapat memudahkan masyarakat karena juga terintegrasi dengan transportasi moda raya terpadu (MRT) di Dukuh Atas, Jakarta.

"Senang banget akhirnya ada alternatif kendaraan, dan mumpung sekarang lagi uji coba kita semua sama teman-teman semua nyoba duluan. Sepertinya ini akan jadi menarik karena dari Bekasi, Jati Mulya, Bekasi Barat, sudah banyak titiknya sampai ke Dukuh Atas, dan akhirnya kita bisa nyambung ke MRT lainnya,” ujar Prisia.

Undang Forum Pemred ke Istana Kepresidenan

Usai menjajal LRT bersama penggiat media sosial, Presiden Jokowi kemudian mengundang para pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam kesempatan itu Presiden membahas mengenai realisasi pertumbuhan ekonomi dan kriteria-kriteria pemimpin Indonesia ke depan.

“Kata Pak Presiden, pemimpin ke depan itu harus berani, punya nyali, dan konsisten menghadapi situasi global yang tidak menentu ini,” kata Direktur Pemberitaan LKBN Antara Irfan Junaidi setelah pertemuan.

Menurut Irfan, Presiden Jokowi menganalogikan perjalanan bangsa ke depan seperti lari marathon di mana pemimpin bangsa harus memiliki daya tahan yang tinggi untuk menghadapi tantangan dan ketidakpastian global.

“Itu yang akan kita jalani itu bukan lari pagi, tapi seperti marathon, butuh endurance, butuh daya tahan, sebatas itu saja, jadi (Presiden) tidak menyebut satu karakter atau tokoh tertentu yang beliau sampaikan,” kata Irfan.

Presiden Jokowi saat bertemu Pemred Media Massa Nasional di Istana Kepresidenan

Photo :
  • Biro pers media dan informasi Sekretariat Presiden

Kemudian, Presiden Jokowi juga menjabarkan mengenai realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada kuartal II 2023 mencapai 5,17 persen (year on year/yoy). Dalam komponen pembentuk pertumbuhan ekonomi itu, kata Irfan, konsumsi masyarakat masih menjadi penopang. Namun, Presiden juga menyoroti masih terjadinya ketimpangan struktur ekonomi.

“Beliau (Presiden) memberi catatan soalnya ada problem soal ketimpangan dalam pertumbuhan itu karena Jawa masih 57 persen, luar Jawa 43 persen,” ujar Irfan.

Presiden dan para pemred juga mendiskusikan mengenai perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Presiden berharap bahwa 2023 merupakan tahun terakhir puncak peringatan HUT RI digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta. Pada 2024, Kepala Negara ingin puncak peringatan HUT RI dapat digelar di Istana Presiden di IKN, Kalimantan Timur.

“Perkembangan IKN, dan menjadikan 17 Agustusan nanti setelah ini, besok (Agustus 2023) diharapkan yang terakhir, kemudian tahun berikutnya di IKN,” kata Irfan.

Kepala Negara, ujar Irfan, juga menyampaikan sudah banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya dalam pembangunan IKN. Selain itu, Presiden juga mengutarakan niatnya untuk menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung sebelum diresmikan dan dioperasikan untuk publik.

Irfan menjelaskan pertemuan antara Presiden dengan para pemred berlangsung santai dan diselingi makan siang bersama. Terdapat belasan pemred yang mengikuti pertemuan selama dua jam lebih tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya