Bendera Sang Merah Putih Akhirnya Dibawa Kembali ke Cawan Monas dengan Kereta Kencana

Bendera Sang Merah Putih Dibawa Kembali ke Cawan Monas dengan Kereta Kencana.
Sumber :
  • Biro pers Sekretariat Presiden.

JakartaUpacara penurunan bendera negara sang merah putih akhirnya selesai. Upacara itu dilakukan pada Kamis 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Sidang Putusan Sengketa Pilprres di MK, Pedagang Tikar hingga Topi Rimba Raup Cuan

Saat ini duplikat bendera merah putih beserta teks proklamasi sudah dibawa kembali menuju ruang kemerdekaan di Cawan Monumen Nasional (Monas).

Bendera itu diserahkan langsung oleh ajudan pribadi Wakil presiden RI Ma'ruf Amin, Kombes Pol Sri Bintoro selaku lulusan akademisi polisi tahun 1998 dsri Mimbar Kehormatan dan Kolonel Penerbang Trinanda Hasan Febriyanto lulusan AAU tahun 1999.

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan RI ke-78

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Sementara itu, duplikat bendera negara sang merah putih dan teks proklamasi dibawa langsung oleh Purna Paskibraka Duta Pancasila tahun 2022. Adapun yang membawa duplikat bendera negara sang merah putih adalah Faradita Dwi Safitri dan pembawa teks proklamasi I Dewa Ayu Firsti Meita Dewanggi.

Pindah ke IKN, Erick Tawarkan 13 Aset BUMN di Monas ke Pengusaha Hong Kong 

Keduanya berasal dari SMA Negeri Karimun Kepulauan Riau dan SMA Negeri 2 Kudus Jawa Tengah.

Saat ini upacara penurunan bendera pun sudah selesai. Karena duplikat bendera negara sang merah putih dan teks proklamasi sudah dibawa menunggangi kereta kencana Ki Jaka Rasa.

Sebelumnya, Adapun yang bertugas sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau. Kemudian yang bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua, Kombes Pol Victor Dean Mackbon. Dia lahir di Manokwari pada tanggal 13 Juni 1979, lulusan Akademisi Polisi tahun 2000.

"Lapor penurunan sang merah putih, siap," ujar Herlan ke Jokowi

"Laksanakan," kata Jokowi.

Diketahui, Upacara penurunan bendera merah putih di Istana Merdeka pada Kamis 17 Agustus 2023 tengah berlangsung. Adapun yang bertugas sebagai pembawa baki kali ini adalah Keyla Azzahra Purnama.

Selanjutnya yang bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua, Kombes Pol Victor Dean Mackbon. Dia lahir di Manokwari pada tanggal 13 Juni 1979, lulusan Akademisi Polisi tahun 2000.

Sementara itu, Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani akan bertindak kembali menjadi Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. 

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya