Wali Kota Depok Sebut Udara di Wilayahnya Lebih Baik dari Jakarta

Wali Kota Depok, Mohammad Idris.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengklaim udara di Depok lebih bagus daripada Jakarta. Keyakinan itu dibuktikan dari hasil survei dengan cara meletakkan alat ukur yang ada di Jalan Sawangan dan Jalan Margonda.

Sekda Supian Suri Datangi DPD PAN untuk Maju Jadi Wali Kota Depok

“Kita sudah lama melakukan penelitian survei masalah udara. Bahkan kita tempatkan sebuah alat di tempat-tempat yang memang potensi pencemaran udara. Misalnya Jalan Raya Sawangan dan Margonda,” katanya, Senin, 21 Agustus 2023.

Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Kelakar Idris Masuk Bursa Bakal Cagub Jabar: Siapa yang Melamar, Harus Bayar Saya

Menurutnya, dari penelitian alat tersebut, kondisi Kota Depok jauh lebih aman dibanding dengan Jakarta. Hal itu karena jumlah pabrik di Depok tidak sebanyak kota penyangga lainnya.

“Pabrik di kita relatif lebih sedikit. Tapi kalau polusi udara kemacetan yang dimana-mana juga ada kemacetan. Tapi dari sisi alat yang kita pasang di Balai Kota dan Margonda itu relatif lebih rendah untuk polusi udara,” ungkapnya.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Dia pun percaya diri bahwa kondisi udara Depok saat ini masih aman dibanding Jakarta. Menurutnya dengan adanya penambahan penduduk di Depok yang tahun ini relatif lebih banyak dari Jakarta menandakan kondisi udara Depok jauh lebih aman.

“Dibuktikan dengan penambahan penduduk Kota Depok yang tahun ini relatif lebih banyak dari Jakarta perpindahan penduduknya. Memang ada penurunan 2 persen yang sebelumnya sampai 3,4 persen, tapi mayoritansnya rata-rata dari Jakarta,” klaimnya.

Idris menuturkan, Pemerintah Kota Depok terus berupaya melakukah penghijauan untuk antisipasi polusi udara di Depok. Salah satunya dengan membangun taman di seluruh Kota Depok.

“Efektivitas pembangunan taman-taman yang sudah kita bangun di setiap kelurahan dimanfaatkan dan juga pelestarian setu-setu lumbung air,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya