Jokowi: Catatan BNN Pengguna Narkoba Sekitar 3,6 Juta Jiwa

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat terbatas terkait penanganan narkoba di Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Senin, 11 September 2023. Menurut dia, pengguna narkoba di Indonesia angkanya mencapai jutaan jiwa manusia.

Rio Reifan Resmi Jadi Tersangka, Terbukti Miliki Sabu dan Ekstasi

BNN mencatat penyalahgunaan narkoba sekitar 1,95 persen atau 3,6 juta jiwa. Ini juga menyebabkan over kapasitas di lapas kita,” kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi mengajak semua yang hadir dalam rapat terbatas ini untuk mencari sebuah lompatan, terobosan agar kejahatan luar biasa narkoba bisa dikurangi dan diselesaikan dengan baik.

Besok, Jokowi Bertemu CEO Microsoft di Istana Negara

“Kemarin saya berbicara dengan Pangdam dan Kapolda di Sumut (Sumatera Utara),” ujarnya.

Tentunya, Jokowi menekankan pencegahan terutama penyelundupan narkoba harus betul-betul diurut. Misalnya, kata dia, pencegahan harus difokuskan di beberapa provinsi yang tingkat penyalahgunaan narkobanya tinggi.

Rio Reifan Tersangka Narkoba dan Langsung Ditahan, Ini Penampakannya

“Saya ingin memutuskan kita kerjakan tidak semua provinsi dul, mungkin 5 besar provinsi yang narkobanya paling tinggi atau 10 besar. Ini saya kira agar kita fokus, ingin action jelas, bisa mengurangi secara konkret dan rehabilitasinya juga bisa tertangani secara baik,” jelas dia.

Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Singapura Lee Hsin Loong

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin, 29 April

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024