Anies Kritik Penegakkan Hukum Tak Setara: Kawan Tak Tersentuh, Musuh Disentuh Terus

Bacapres Anies Baswedan
Sumber :
  • YouTube Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta – Bakal calon presiden Anies Baswedan menilai saat ini penegakkan hukum di Indonesia masih timpang penangananya. Khususnya kasus-kasus korupsi. Seharusnya, kata Anies, hukum yang berkeadilan tidak berjalan semestinya.  

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Aparat yang seharusnya melakukan penegakan hukum melakukan tindakan-tindakan yang tidak setara, mereka yang kuat tak tersentuh, mereka yang lemah tersentuh, mereka yang kawan tak tersentuh, mereka yang lawan disentuh terus," kata Anies dalam program Mata Najwa on Stage dengan tema “3 Bacapres Bicara Gagasan” yang disiarkan Youtube Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa, 19 September 2023.

Anies menekankan pemberantasan rasuah seharusnya menjadi prioritas penting. Kasus hukum lain juga harus diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Bacapres Anies Baswedan di kampus UGM.

Photo :
  • YouTube Universitas Gadjah Mada

"Penegakan hukum menjadi prioritas dan membuat pengadilan kita menjadi pengadilan yang kredibel itu prioritas kita. Ini adalah aspek yang membuat Indonesia kita bisa take off," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu 

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Karena itu, Anies menginginkan penegakan hukum menjadi prioritas saat dirinya menjadi presiden. Dia optimis penegakkan hukum yang sesuai aturan bisa menjamin praktik korupsi tidak terjadi lagi.

"Penegakan hukum tidak menjadi prioritas, maka yang terjadi adalah tata kelola pemerintahan tidak berjalan dengan baik," imbuhnya.

Sekjen Gerindra Ungkap Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati

Hubungan Gerindra dengan PDIP berjalan dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024