Kapolri Perintahkan Usut Tuntas Kejadian Tewasnya Ajudan Kapolda Kaltara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta – Ajudan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara (Kaltara) ditemukan tewas di rumah dinas di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara pada Jumat, 22 September 2023. Hasil autopsi menunjukkan penyebab kematian akibat luka tembak menembus jantung dan paru-paru.

Kematian Brigadir Ridhal Ali Janggal, Kapolda Sulut Terbangkan Tim Khusus ke Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dirinya sudah memerintahkan Kapolda Kaltara Irjen Daniel Aditya Jaya untuk mengusut kejadian itu secara cermat dan tuntas.

"Sudah saya perintah kepada Pak Kapolda bahwa terkait dengan peristiwa yang terjadi ini betul-betul diusut secara cermat secara tuntas. Manfaatkan CSI (Crime Science Investigation) yang kita miliki sehingga kemudian hasil akhirnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," kata Listyo dalam keterangannya, Minggu, 24 September 2023.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya

Photo :
  • Tribratanews.kaltara

Listyo menegaskan, dia juga telah memerintahkan kepada Bareskrim Puslabfor untuk menurunkan dokter-dokter forensik. Hal itu agar hasil yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan kepada keluarga dan masyarakat. 

Termasuk Mayor Teddy, Nikita Mirzani Bongkar Perilaku Ajudan-ajudan Prabowo Subianto

"Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim Puslabfor untuk ikut mendukung dokter-dokter forensik kita untuk ikut mendukung. Sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik terutama ke keluarga. Saya kira Polri selalu transparan," tegasnya.

Listyo menjelaskan, hingga saat ini penyelidikan masih terus berjalan. Pihaknya tidak ingin tergesa-gesa dalam menyimpulkan penyebab dari tewasnya ajudan Kapolda Kalatra itu. 

"Penyelidikan sampai saat ini masih berjalan, saya juga tidak mau tergesa-gesa. Karena kemarin juga sedang dilakukan autopsi dan tentunya di luar autopsi tim labfor juga bekerja, dan ini semua akan menjadi satu kesatuan yang kemudian menjadi kesimpulan di dalam hasil penyelidikan nanti," terangnya. 

"Apakah nanti ada unsur pidana ataukah unsur lain semuannya tentunya akan didapatkan setelah rangkaian tersebut," tambahnya. 

Sebelumnya diberitakan, Briptu Herlambang, ajudan dari Kapolda Kalimantan Utara, Inspektur Jenderal Polisi Daniel Adityajaya, dikabarkan meninggal dunia. Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltara, Komisaris Besar Polisi Budi Rachmad.

"Betul (ajudan Kapolda Kaltara meninggal)," ucap dia kepada wartawan, Jumat 22 September 2023.

Korban meninggal dunia di rumah jabatan. Yang bersangkutan ditemukan tidak bernyawa di dalam kamarnya sendirian.

"Di dalam kamar sendirian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya