Kombes Irwan Buka Suara soal Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke Eks Mentan SYL

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

SemarangKapolrestabes Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar diperiksa lagi terkait kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Menteri Pertanian alias Mentan, hari ini.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Namun, kasus tersebut kini sudah naik ke tahap penyidikan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu membenarkan adanya pemeriksaan terhadap Irwan di Jakarta. Tapi, dia mengklaim belum tahu kapan Irwan diperiksanya.

“Intinya Kapolrestabes ada panggilan oleh Polda Metro Jaya, makanya yang bersangkutan ke Jakarta untuk menyampaikan keterangan. Kalau ini nggak tahu ya saat ini (dipanggil dalam rangka Penyidikan), tapi kalau kemarin yang lalu (penyelidikan), ada dipanggil Polda Metro dalam rangka memberikan keterangan,” kata dia kepada wartawan, Selasa 10 Oktober 2023.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar.

Photo :
  • ANTARA/ I.C.Senjaya

Sementara itu, Irwan sendiri tidak mau menjawab apakah benar hari ini dirinya ada di Markas Polda Metro Jaya untuk diperiksa dalam kasus tersebut. Irwan minta hal tersebut ditanyakan saja ke penyidik yang menangani kasus.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Tanya penyidik saja ya," kata Irwan.

Sebelumnya diberitakan, Kapolres Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar disebut punya peran besar dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus dugaan pemerasan itu terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Mentan.

Menurut Ketua Indonesia Police Watch IPW, Sugeng Teguh Santoso menyebut Irwan adalah saksi kunci dalam kasus tersebut.

"Kombes Irwan Anwar adalah saksi kunci di dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi yang disebutkan oleh SYL kepada pimpinan KPK yang menyeret nama F," ujar dia kepada wartawan, Senin 9 Oktober 2023.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar

Photo :
  • VIVA/Didiet Cordaz

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya sudah meminta keterangan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, terkait kasus dugaan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK, dalam penanganan perkara di Kementan pada 2021.

Namun, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak enggan mengungkap kapan Kombes Irwan dimintai keterangan. Menurut dia, Kombes Irwan, diperiksa sebagai saksi dalam proses penyelidikan.

"Benar (Kombes Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," ucap Ade Safri saat dikonfirmasi, Minggu, 8 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya