Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Pekan Ini

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya-tangkapan layar

Jakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia akan mengirimkan bantuan kepada masyarakat Palestina sesuai dengan kebutuhan. Kloter pertama bantuan diberikan pada minggu ini.

Akui Negara Palestina, Kolombia Bakal Bangun Kedutaan Besar di Ramallah

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina. Dan kloter pertama akan dikirimkan minggu ini. Bantuan ini adalah gabungan bantuan dari pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 30 Oktober 2023. 

Indonesia, lanjut Jokowi, sangat marah terhadap situasi yang semakin memburuk di Gaza, akibat serangan dari Israel.

Tiba di Lokasi Rakernas PDIP, Megawati Didampingi Sekretaris Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

"Baru saja saya tadi memimpin rapat terbatas mengenai Palestina. Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza terutama situasi kemanusiaan," kata Jokowi.

Ratusan Mahasiswa Walk Out dari Upacara Wisuda Universitas Harvard Imbas Demontrasi Pro Palestina

Jokowi menambahkan, pihaknya terus mengikuti perkembangan di Gaza. Indonesia mengutuk keras serangan acak yang mengenai masyarakat sipil dan fasilitas umum.

"Kami terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza. dan posisi Indonesia sangat jelas dan tegas mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza," kata Jokowi.

Jokowi berharap kekerasan yang terjadi di Gaza dapat dihentikan secepat mungkin. Indonesia, kata Jokowi, pun terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk dapat membantu mengupayakan penyelesaian konflik di Gaza.

"Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat diakselerasi. Dan Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini," kata Jokowi.

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya