Yenny Wahid Dukung Ganjar, Gus Yahya Sebut Tak Boleh Bawa-bawa NU Dalam Kompetisi Pilpres

Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya
Sumber :
  • PBNU

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya merespons soal langkah Yenny Wahid yang mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. 

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

Gus Yahya menegaskan bahwa semua pengurus PBNU tak boleh menyeret NU ke dalam ranah Pemilu 2024. Pasalnya, Yenny Wahid masih menjadi Ketua Badan Pengembangan Inovasi Strategis PBNU.

"Tapi satu prinsip bahwa apapun tindakan dukung mendukung dalam kompetisi Pilpres maupun Pemilu yang akan datang ini tidak boleh membawa-bawa NU apalagi pengurusnya," kata Gus Yahya kepada wartawan di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Jawaban Santai Presiden PKS Usai Ditolak oleh Partai Gelora Gabung ke Prabowo-Gibran

Ia menambahkan bahwa semua pengurus PBNU harus cuti atau mundur dari kursi pengurus, jika masuk ke dalam tim pemenangan salah satu pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. 

Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Ditinggal Nasdem dan PKB Merapat ke Prabowo, Anies: Kita Masih Jalan Sama-sama Kok

"Kalau dia (pengurus PBNU) posisinya resmi (dalam tim pemenangan pasangan calon) ya, dia harus cuti atau bahkan harus mundur. Kalau posisinya resmi," ujarnya.
 
Gus Yahya menyampaikan, PBNU memiliki aturan dasar rumah tangga, dalam ketentuan dukungan terhadap salah satu pasangan calon presiden (capres). Menurutnya, jika hanya sekedar mendukung tanpa masuk ke dalam tim sukses, maka tidak perlu cuti atau mundur.

Di sisi lain, Gus Yahya menyatakan tak bisa menghalangi hak pribadi para warga NU untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. "Kalau itu hak pribadi enggak boleh dihalang-halangi. Tapi tidak boleh mengatasnamakan NU," ujarnya.

Gus Yahya juga mengaku belum mengetahui seperti apa status Yenny di PBNU usai memberikan dukungan terhadap Ganjar-Mahfud tersebut. Sebab, ia belum mendengar langsung dari Yenny usai deklarasi tersebut.

"Karena belum ada orang bicara dengan saya apakah itu Bu Yenny sendiri atau dari pihak yang lain. Di sini kita belum tahu statusnya seperti apa," tuturnya.

Sebagai informasi, Barisan Kader (Barikade) Gus Dur yang dipimpin Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yaitu Yenny Wahid resmi mendeklarasikan dukungan kepada pasangan bakal calon dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

"Kami Barisan para Kader Gus Dur menyatakan untuk mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," kata Yenny di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Yenny pun mengungkap alasannya mendukung pasangan Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024 karena mengikuti hati nuraninya saja. Ia juga menyebutkan Mahfud MD adalah sosok yang dekat dengan Gus Dur.

"Kalau buat saya, ikuti kata hati. Mengikuti kata hati, itu yang pertama. Beliau (Mahfud MD), orang yang dibawa Gus Dur untuk menegakkan hukum di Indonesia, dan juga untuk menegakkan nilai pluralisme yang dibawa Gus Dur," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya