Partisipan Kongres HMI asal Sulawesi Ricuh saat Pembagian Nasi Kotak

Partisipan Kongres HMI asal Sulawesi saling adu jotos saat pembagian nasi kotak
Sumber :
  • Destriadi Yunas

Pontianak - Rombongan partisipan Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang tiba dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menggelar aksi dan berakhir ricuh di Asrama Haji Pontianak, Jalan Soetoyo, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat 24 November 2023.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Berdasarkan pemantauan di lapangan, rombongan tersebut sempat menolak masuk ke area tempat menginap yang disiapkan panitia lokal, karena mereka menilai fasilitas yang ada tidak memadai.

Pasalnya, panitia kongres hanya menyiapkan 2 tenda besar bagi peserta pria dan 2 tenda kecil bagi peserta perempuan, sedangkan bagian lantai tenda hanya beralaskan karpet di halaman Asrama Haji.

Antre Open House Jokowi Sempat Ricuh, Istana Minta Maaf

Partisipan Kongres HMI asal Sulawesi saling adu jotos saat pembagian nasi kotak

Photo :
  • Destriadi Yunas

Bahkan kondisi tersebut diperparah dengan kondisi cuaca hujan sehingga air merembes dan membasahi karpet.

Pasukan 'Tentara Hantu' Perang Dunia Kedua Terima Medali Emas Kongres

Aksi menolak masuk tersebut kemudian berlanjut menjadi aksi orasi di tengah jalan sehingga sempat mengganggu warga yang melintas.

Kepolisian pun akhirnya terpaksa melakukan penutupan jalan dan pengalihan arus guna menghindari kericuhan dengan warga yang melintas.

Tidak lama berlangsungnya orasi, kericuhan antar mahasiswa HMI tersebut kemudian pecah hanya dikarenakan pembagian nasi kotak yang disiapkan dinilai tidak merata.

Tidak hanya kericuhan yang ditimbulkan, oknum partisipan kongres HMI dan Kohati juga dilaporkan sempat mengambil barang dagangan di mini market yang terletak di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, dalam perjalan darat yang mereka tempuh dari Kalimantan Tengah menuju Pontianak.

Berdasarkan nota belanja yang diterima dari mini market tersebut, oknum partisipan mengambil minuman dan rokok senilai Rp 314.000.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya menjelaskan kedatangan mahasiswa tersebut merupakan partisipan kongres yang berarti di luar dari rombongan luar undangan dan minta fasilitas tempat menginap.

Partisipan Kongres HMI asal Sulawesi saling adu jotos saat pembagian nasi kotak

Photo :
  • Destriadi Yunas

“Mereka simpatisan dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Mereka menaiki kapal kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Pontianak,” jelas Petit saat mengecek kondisi di Asrama Haji Pontianak.

Saat ini menurut informasi dari kepolisian, massa sudah berhasil ditenangkan setelah disiapkan fasilitas kasur untuk di tenda partisipan.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada Jumat 24 November 2023 malam.

Usai seremonial pembukaan, Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Bandara Supadio Pontianak untuk kembali ke Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya