Terpopuler: Bentrok Pendukung Palestina dan Israel, Debat Rocky Gerung hingga Target Ridwan Kamil

Seorang polisi bersiaga pasca bentrokan (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Jakarta – Dua kelompok pendukung Palestina dan pro Israel di Bitung, Sulawesi Utara terlibat bentrok.

Gempa Vulkanik Gunung Ruang Fluktuatif Cenderung Menurun, Menurut Balai Pemantauan

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, menyebutkan situasi saat ini sudah kondusif. Dia meminta semuanya bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak.

Berita tentang bentrok pendukung Israel dan Palestina itu menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 26 November 2023.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Berita tentang Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Karyoto menanggapi praperadilan yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Firli Bahuri, juga menarik perhatian banyak pembaca VIVA.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon
Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Tak hanya itu. Sejumlah berita lainnya juga banyak menyedot animo pembaca. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Minggu, 26 November 2023 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Bentrok Pendukung Israel di Sulawesi Utara, Wali Kota Bitung: Jangan Sebar Video Provokasi

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, menyatakan bahwa saat ini Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berada dalam keadaan kondusif dan aman. 

"Saat ini, pusat Kota Bitung dalam keadaan kondusif dan aman terkendali," ujar Maurits di Bitung, Sabtu, 26 November 2023.

Sebelumnya, dua kelompok warga Bitung bentrok antara pendukung Palestina dan pro Israel. Bahkan ada yang membawa bendera Israel dan membakar bendera Palestina sambil membawa senjata tajam. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Ini Faktor yang Diduga jadi Penyebab Bentrok Pendukung Palestina dan Israel di Bitung

Pihak Kementerian Agama melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Utara Sarbin Sehe buka suara soal bentrokan massa di Kota Bitung. Dia mengimbau tokoh agama dan tokoh adat agar tetap bisa jaga kerukunan di Kota Bitung, Sulut.

Laskar Manguni kibarkan bendera Israel di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Menurut dia, kejadian bentrok itu karena dipicu saling lempar dari kedua kubu. "Insinden saling lempar aksi masa dua kubu di Kota Bitung (25/11) kemarin petang sangat disesalkan," kata Sarbin, di Manado, Minggu, 26 November 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Jawaban Menohok Irjen Karyoto Soal Perlawanan Praperadilan Firli Bahuri

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Karyoto menanggapi santai praperadilan yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Firli Bahuri.

Seperti diketahui, Firli mengajukan praperadilan atas status tersangkanya dalam kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021. 

Terkait hal itu, Karyoto mengatakan adalah hak tersangka mengajukan praperadilan. "Ya itukan hak yang ditetapkan tersangka dan sah-sah saja," ucapnya kepada wartawan, Sabtu, 25 November 2023. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Debat Seru! Mahasiswa ke Rocky Gerung: Pintarnya Boleh, 'Goblok' Jangan

Pengamat politik Rocky Gerung terlihat perdebatan dengan seorang mahasiswa saat acara ‘diskusi dan diseminasi mahasiswa mendebat capres cawapres’ di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, beberapa hari lalu. Rocky saat itu hadir sebagai pembicara. 

Rocky Gerung Diperiksa Bareskrim Mabes Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Momen perdebatan Rocky dengan mahasiswa itu terjadi saat pasangan capres cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar belum datang ke lokasi. Saat itu, Rocky dicecar berbagai pertanyaan dari sejumlah mahasiswa. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Ridwan Kamil: Prabowo-Gibran Harus Menang Satu Putaran, Jawa Barat Jadi Penentu

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut dua itu harus menang satu putaran di Pilpres 2024. Prabowo-Gibran merupakan duet capres cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Ridwan Kamil menyampaikan Prabowo-Gibran menang satu putaran itu saat memberikan arahan kepada anggota TKD Jawa Barat di The House Convention Hall Paskal, Bandung, Sabtu, 25 November 2023. Turut hadir capres Prabowo Subianto dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Baca berita selengkapnya di sini.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya