Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Irjen Marthinus Hukom jadi Kepala BNN dan Hakim MK

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Jakarta – Presiden Joko Widodo diagendakan akan melantik Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Ridwan Mansyur, di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat, 8 Desember 2023.

Perintah Kepala BNN ke Anak Buah saat Kerja Cegah dan Berantas Narkoba

“Hari ini, pukul 10.45 WIB, dijadwalkan pengucapan sumpah di hadapan Presiden, Ridwan Mansyur sebagai Hakim MK RI,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, pada Jumat, 8 Desember.

Selain itu, Ari mengatakan Presiden Jokowi juga akan melantik Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) yang menggantikan Komjen Petrus Golose. Petrus diketahui akan memasuki masa pensiun.

MK Siapkan Tukang Pijat hingga Vitamin untuk Hakim Selama Sidang Sengketa Pileg 2024

“Acara akan diselenggarakan di Istana Negara,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengangkatan Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

“Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pengangkatan Bapak Irjen Polisi Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN yang baru,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi pada Senin, 4 Desember 2023.

Jelas dia, Komjen Petrus Golose telah memasuki masa purnatugas pada Sabtu, 1 Desember 2023. “Karena itu, pada tanggal 29 Desember 2023, Bapak Presiden telah menandatangani Keppres pemberhentian Bapak Petrus Golose sebagai Kepala BNN,” ujarnya.

Korps Bhayangkara menunjuk Inspektur Jenderal Polisi Marthinus Hukom jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal itu diungkap Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Irjen Dedi Prasetyo.

"Penggantinya Irjen Martinus Hukom," ucap dia kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023.

Adapun hal itu karena Komisaris Jenderal Polisi Petrus R. Golose resmi pensiun dari jabatannya sebagai Kepala BNN. Marthinus Hukom kini menjabat sebagai Kepala Detaseman Khusus 88 Antiteror Polri.

Kata Dedi, saat ini pihaknya masih menunggu proses pelantikan untuk Irjen Martinus Hukom yang menggantikan Komjen Petrus R. Golose. Lebih lanjut Dedi belum merinci, sosok yang akan menggantikan jabatan yang ditinggalkan Irjen Marthinus sebagai Kadensus 88 Antiteror Polri.

"Untuk keppres (Keputusan Presiden) sudah turun tinggal menunggu pelantikan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya