Respons Iriana Jokowi Usai Dituding Cawe-cawe Majukan Gibran Cawapres

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Kaesang Pangarep mengungkap respons sang ibunda usai disebut ikut campur atau cawe-cawe dalam majukan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Kaesang mengatakan, sang ibu tidak mempermasalahkan tudingan tersebut. Kaesang mengaku hanya diberi masukan untuk fokus kepada partai yang dipimpinnya, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Ketika, aku tanya ke ibu, 'bagaimana dengan ini semua?'. Kata ibu 'sudah kamu fokus aja kampanyein partaimu, enggak usah memperkeruh suasana. Kalau mereka fitnah, biarkan mereka dosa aja'," kata Kaesang menirukan ucapan Iriana seperti dikutip VIVA dari podcast Kiky Saputri Official, Jumat, 8 Desember 2023.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat memberikan keterangan pers berkaitan dengan pernyataan Ade Armando soal politik dinasti Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Kaesang mengaku, sang ibu tak ada ikut campur atau cawe-cawe terhadap pencalonan Gibran Rakabuming sebagai cawapres. Kaesang juga mengungkap kebiasaan sang ibu ketika berada dirumah.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Orang ibu saya dirumah terus kok. Ibu, tuh sumpah kaya ibu-ibu di Whatsapp gitu. Nanti update status, 'makan singkong nih'," kata Kaesang.

Lantas, Kaesang pun heran karena ada pihak yang menyebut ibunya menemui relawan untuk menginisiasi pencalonan Gibran di pilpres 2024 mendatang. 

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

"Siapa tuh dibilang ibu saya punya kontribusi sangat besar dengan mas Gibran menjadi cawapres, itu saya rasa iya. Karena, ibu saya yang mendoakan kakak saya. Tapi, bukan sampe yang dibilang ke HIPMI, ke relawan, itu saya harus ngomong, enggak. Terus kalo ada yg ngomong, ini info A1, buktinya mana sini," kata dia.

Di sisi lain, Kaesang mengaku harus siap dengan segala resiko ketika sudah terjun ke politik. Termasuk, sang ayah yaitu Presiden Jokowi. Namun dia sudah menyadari konsekuensi ketika banyak yang menghujat dan mengkritik Jokowi. Tapi ia merasa sakit hati ketika ibunya malah yang diseret-seret ke dalam politik.

"Karena gini, balik lagi ketika bapak masuk ke politik itu ada konsekuensi yang harus dihadapin. Dan kita juga dari keluarga harus sudah siap, kalau ada apapun terjadi dengan bapak, katakan lah di fitnah seperti itu ya kita harus siap. Cuma ya kita kadang sebagai anak juga pasti ada rasa. Kalau ke bapak aku udah gak ada rasa. Tapi ketika kalau sampai ke ibu, ada rasa sakit hati, pasti ada," pungkasnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka juga angkat bicara soal isu sang Iriana jadi sosok yang mendorong dia maju cawapres. Awalnya Gibran balik bertanya siapa yang menyebar isu itu.

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, mendampingi Gibran Rakabuming menggelar konferensi pers di RS PKU Muhammadiyah Solo, Kamis, 10 Maret 2016

Photo :
  • VIVA/Fajar Shodiq

"Kata siapa?" tanya Gibran merespons pertanyaan wartawan, Minggu, 19 November 2023.

Gibran dengan tegas mengatakan, bahwa ibunya tidak pernah menemui relawan hingga cawe-cawe membuka jalan untuknya maju cawapres. Apalagi isu Iriana melobi dan bertemu dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

"Nggak benar. Tanya aja ke relawan, pernah nggak ketemu. Oh HIPMI apalagi," ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya