Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Massa Bakar Mobil

Fasilitas umum dirusak massa saat mengarak jenazah Lukas Enembe di Jayapura
Sumber :
  • Aman Hasibuan

Papua – Sejumlah motor, toko, dan fasilitas umum dirusak massa yang mengantar jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (28/12/2023)

Tidak Dapat Temui Pj Bupati, Aksi Unras Mahasiswa Tangerang Berujung Rusuh

Selain itu, massa juga membakar mobil yang sedang terparkir di pinggir jalan serta melempari anggota yang melakukan pengamanan. Bahkan, penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumahsukun juga mengalami luka terlempar batu.

Jenazah Lukas Enembe di Bandara Soekarno Hatta Akan Diterbangkan ke Papua

Photo :
  • VIVA/ Sherly
5 Bandara Masih Ditutup Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Ini Daftarnya

Aparat keamanan tidak mampu membendung ribuan massa yang melakukan iring-iringan jenazah ke lapangan Stakin Sentani untuk dilakukan prosesi ibadah dan acara adat. 

Dari pantauan di lapangan Pj Gubenur Papua terpaksa dilarikan ke Rumkit Batalyon 751/Rider untuk mendapat perawatan medis. 

Geruduk Kantor Gubernur Bali, Buruh Tuntut Karyawan Kontrak di Sektor Pariwisata Dihapus

Dalam penjemputan jenazah itu juga hadir sejumlah Muspida Provinsi Papua, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, tokoh agama, tokoh adat dan sejumlah masyarakat maupun mahasiswa menghadiri penjemputan jenazah di VIP Room Bandara Sentani.

Persiapan penyambutan kedatangan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe

Photo :
  • Aman Hasibuan (Papua)

Selain itu ratusan massa juga yang berada di luar area VIP Room mulai memadati are Bandara Sentani untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Lukas Enembe. Jenazah diterbangkan dari Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan tiba di bandara pada pukul 09.15 WIT. 

Setibanya di bandara jenazah langsung di bawa ke Vip Room Bandar untuk dilakukan prosesi acara pemerintah jenazah. Selanjutnya jenazah langsung di bawa ke lapangan Stakin Sentani untuk disemayamkan di Stakin kurang lebih selama 3 jam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya