Istana: Jokowi ke IKN untuk Cek Persiapan Upacara HUT RI 17 Agustus

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu, 17 Januari 2024. Kunjungan tersebut untuk mengecek persiapan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 nanti.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

“Tentu ini terus dilakukan ya setiap bulan, untuk mengecek dan memastikan 17 Agustus 2024 kita melakukan upacara di IKN,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dikutip pada Rabu, 17 Januari 2024.

Selain itu, Ari mengatakan, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama di IKN. Menurut dia, hal ini untuk memastikan apa yang terbangun itu akan menjadi komitmen daripada investor.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Jokowi groundbreaking proyek di IKN.

Photo :
  • Biro pers Istana.

“Kemudian juga dari institusi pemerintah untuk segera membangun IKN terwujud dengan groundbreaking. Setiap bulan nanti akan ada groundbreaking di IKN baik pemerintah dan swasta,” ujarnya.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Karena, kata Ari, IKN itu yang penting adalah selain ada kantor atau Istana Presiden dan Wakil Presiden, tentu disiapkan juga infrastruktur pendukungnya seperti bandara,  jalan tol yang lebih cepat dari Balikpapan ke IKN, bendungan dan lainnya.

“Termasuk ketika ada pemindahan ASN ke sana untuk bekerja di IKN, ada fasilitas untuk mendukung kerja-kerja seperti fasilitas kesehatan, ada rumah sakit, akomodasi, sekolah pendidikan. Jadi semua dipastikan ketika ini akan pindah ke IKN, ekosistem yang mendukung untuk pemindahan itu tersedia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya