Ini 5 Jenderal Bintang 4 yang Paling Terkenal di Indonesia, Bukan Orang Sembarangan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Setidaknya ada lima jenderal peraih bintang 4 yang paling terkenal di Indonesia. Dalam dunia militer sendiri, Jenderal merupakan pangkat tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang Perwira Tinggi karier di militer. Indonesia sendiri memiliki beberapa Jenderal bintang empat yang terkenal. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Ketenaran mereka salah satunya karena menduduki posisi strategis dalam pemerintahan Indonesia. Lantas, siapa saja jenderal bintang 4 yang paling terkenal di Indonesia? Untuk mengetahui siapa saja mereka yang dimaksud, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Luhut Binsar Pandjaitan

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Luhut Binsar Pandjaitan adalah salah satu Jenderal Bintang 4 yang paling terkenal di Indonesia. Kini, jenderal yang telah berusia 75 tahun itu menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Jokowi. 

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

2. Tyasno Sudarto

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Tyasno Sudarto

Photo :
  • Youtube

Nama Tyasno Sudarto tampaknya sudah tidak asing lagi di sebagian masyarakat Indonesia. Apalagi ia sempat menduduki jabatan sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 323/Raider atau Yonif 323/Buaya Putih. Ia juga sempat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat periode 20 di November 1999 hingga 9 Oktober 2000.

Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa

Photo :
  • YouTube: Total Politik

Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah dikenal  di kalangan perwira TNI AD sebagai sosok yang kenyang dalam dunia militer. Berbagai tugas dan posisi di kemiliteran sudah pernah diemban. Ia sempat menjadi anggota Korps Pasukan Khusus (Kopassus) sejak tahun 1987 hingga 2002.

Jenderal Andika Perkasa ternyata merupakan lulusan universitas ternama luar negeri yaitu Harvard University. Mantan Pangkostrad ini memiliki jejak dan prestasi luar biasa di dunia pendidikan. Bahkan, dirinya telah berhasil menempuh pendidikan sampai gelar S3. 

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Selain dari kalangan militer, terdapat pula tokoh dari kepolisian yang memiliki prestasi yang cukup mencolok. Salah satunya adalah Tito Karnavian, yang telah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-23. 

Sebelumnya, Karnavian telah meraih pangkat Jenderal Polisi. Selain itu, mirip dengan Luhut, ia juga terlibat dalam arena politik dan pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju.

Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Photo :
  • PDemokrat

Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden Republik Indonesia keenam, juga merupakan seorang Jenderal Bintang 4. Sebelum meraih pangkat tersebut, ternyata SBY telah menempuh berbagai pendidikan militer di luar negeri. 

Ini termasuk pelatihan On the job di Divisi 82 Airborne di Amerika Serikat, mengikuti Kursus Perang Hutan di Panama, Kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman pada tahun 1984, serta mengikuti pelatihan di US Command and General Staff College di Kansas, Amerika Serikat pada tahun 1991.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya