3 Menantu Jenderal yang Punya Karier Cemerlang di TNI, Ada yang Jadi Presiden

Ani Yudhoyon bersama SBY
Sumber :
  • Instagram/@aniyudhoyono

Jakarta Keluarga memainkan peran penting dalam menentukan jalur karier seseorang. Individu yang berasal dari latar belakang keluarga yang mapan seringkali memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mencapai kesuksesan dalam karier mereka. 

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Di lingkungan militer, terdapat contoh prajurit yang menikah dengan anggota keluarga perwira tinggi atau jenderal, dan kebanyakan dari mereka menunjukkan pengaruh positif terhadap kemajuan karier mereka dalam dinas militer.

1. Andika Perkasa

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Andika Perkasa dan istrinya

Photo :
  • YouTube NGOBROL ASIX

Andika Perkasa, seorang Jenderal TNI (Pum) yang terkenal, telah menempuh perjalanan karier yang cemerlang sejak lulus dari Akademi Militer pada tahun 1987. Ia memulai karier militer dalam bidang infanteri di Kopassus. Andika dikenal sebagai seorang jenderal yang berprestasi secara akademis, dengan gelar doktor dan pengalaman pendidikan internasional yang luas. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Dia menjadi menantu dari Jenderal TNI (Pum) AM Hendropriyono melalui pernikahannya dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati pada tahun 1992. Karir Andika mencakup berbagai posisi penting dalam hierarki militer, termasuk Panglima TNI di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi periode 2021-2022.

2. Susilo Bambang Yudhoyono

Ani Yudhoyon bersama SBY

Photo :
  • Instagram/@aniyudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono, seorang Jenderal TNI (HOR) (Purn) dan mantan Presiden Indonesia, merupakan contoh lain dari pengaruh keluarga dalam karier militer dan politik. SBY, demikian dia dikenal, adalah lulusan terbaik Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tahun 1973. 

Ia menikahi Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, anak dari Jenderal (Pur) Sarwo Edhi Wibowo, yang memiliki pengaruh signifikan dalam lingkaran militer. Selama karir militernya, SBY menjabat dalam berbagai posisi penting dan akhirnya memasuki politik, menjadi Presiden Indonesia untuk dua periode.

3. Ryamizard Ryacudu

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu saat menjadi Pangkostrad

Photo :
  • Youtube

Ryamizard Ryacudu, seorang Jenderal TNI (Purn) yang juga menunjukkan dampak keluarga terhadap karier militer, adalah putra dari Mayjen Musannif Ryacudu, yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Soekarno. Setelah lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata pada tahun 1974, Ryamizard menikahi Nora Tristyana. 

Nora sendiri adalah putri dari mantan Wakil Presiden Jenderal TNI Try Sutrisno. Pernikahan ini juga berdampak pada jalur karier Ryamizard, yang mengalami kenaikan pangkat dan jabatan penting dalam dinas militer, termasuk menjadi Menteri Pertahanan pada era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya