Korlantas Bisa Pantau Kepadatan di Jalan Tol Setiap 500 Meter saat Arus Mudik

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut kamera CCTV (closed circuit television) sudah terpasang pada tiap 500 meter ruas jalan tol guna memantau kepadatan kendaraan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

"Setiap 500 meter kita ada CCTV di sepanjang jalan tol, termasuk traffic countingnya kita hitung dari mulai kepadatannya, sehingga itu akan naik turun kepadatannya itu," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Slamet Santoso, Selasa 2 April 2024.

(Ilustrasi) Situasi arus mudik lebaran di Pintu Tol Cikampek Utama

Photo :
  • Jasa Marga
Sebut Ada Rekaman CCTV Hotel, Nikita Mirzani Ingin Buktikan Arogansi Rizky Irmansyah

Kata dia, pemantauan bakal dilakukan lebih dulu sebelum pemberlakuan rekayasa lalu lintas. Jika masuk dalam batas kepadatan yang sudah ditentukan, rekayasa lalin pun bakal diterapkan.

Dirinya menambahkan, guna mencegah kepadatan tersebut, masyarakat diminta melakukan perjalanan sebelum puncak arus mudik. Belum lagi mengingat diskon tarif tol diberlakukan sebelum hari puncak kepadatan.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

(Ilustrasi) Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

"Kalau memang kapasitas jalan itu bisa sudah penuh, VCR-nya sudah tidak memungkinkan, maka akan kita one way dari mulai KM 66 sampai di Kalikangkung, itu kita one way ke arah timur pada saat arus mudik," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya