Irjen Aan Ungkap Kecepatan Kendaraan di Tol saat Mudik Lebaran

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan
Sumber :
  • Korlantas Polri

Jakarta - Laju kendaraan di jalan tol saat arus mudik nanti diprediksi bisa mencapai 40-50 KM/perjam. Hal ini didapat berdasar hitungan dan analisa V/C Ratio.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Hal ini diungkap Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan. Adapun V/C Ratio merupakan jumlah kendaraan pada satu segmen jalan pada satu waktu dibanding dengan kapasitas jalan.

“kita dapatkan, V/C rationya. Artinya ini kecepatan 40-50 KM per jam,” ujarnya, dikutip Kamis, 4 Maret 2024.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

Photo :
  • Antara

Aan menjelaskan, angka kecepatan tersebut didapat pasca petugas menerapkan pelaksanaan rekayasa lalu lintas mulai dari ganjil-genap, contra flow, one way, juga pembatasan angkutan barang.

Bareskrim Polri Periksa Eks Gubernur Bangka Belitung soal Kasus Pemalsuan Dokumen

“Kita simulasi ya, simulasi penerapan rekayasa lalu lintas pembatasan kendaraan barang. Ini V/C rasionya masih cukup tinggi. Sehingga kita masukan simulasi penerapan gage ini V/C ratio di tol Jakarta, Cikampek dan Cipali,” kata dia.

Namun, dirinya mengaku kalau tantangan pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun ini dipengaruhi dari tingginya mobilitas pemudik. Pasalnya, diperkirakan pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta atau meningkat 56,4 persen ketimbang tahun lalu.

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

“Jadi tantangannya animo masyarakat cukup tinggi tadi 56% peningkatan dari tahun lalu. Tentu ini jadi chalenge sendiri tantangan sendiri, kita mempersiapkan untuk melayani masyarakat. Kemudian kita juga akan menggunakan IT untuk menghitung angka atau arus lalin di jalan jalan tertentu. ini untuk bantu kita melakukan tindakan di lapangan,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya