Meski Jabat Wakil Wali Kota Cilegon tapi Memilih jadi Calon Bupati Lebak

Ilustrasi Pilkada.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Banten – Terjadi perubahan arus politik di Pilkada Cilegon, usai Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, resmi maju sebagai calon Bupati Lebak, pada Pilkada Serentak 2024 ini. Sanuji mendaftar ke PPP sebagai calon Bupati Lebak.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno Bertemu, Ada Kemungkinan Duet Lagi di Pilkada Jakarta?

Formulir untuk dirinya melakukan pendaftaran lewat partai berlambang Ka’bah tersebut telah di ambil, pada Jumat, 24 Mei 2024. 

"Iya tim saya mengambil formulir di PPP Lebak, nyalon Bupati Lebak," ujar Sanuji Pentamarta, melalui selulernya, Jumat 24 Mei 2024.

Jawaban Santai Anies Baswedan Untuk Heru Budi yang Sebut Jakarta Semrawut 5 Tahun Tak Diurus

Sanuji Pentamarta memang lebih banyak mengenal Kabupaten Lebak. Lantaran dia pernah bersekolah di Bumi Kalimaya itu. Sanuji yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon, merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera atau PKS tulen. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Partai Keadilan (sebelum berubah menjadi PKS) Lebak periode 1998-2000. 

Kemudian, Ketua PKS Lebak periode 2001-2009. Selanjutnya menduduki posisi Kabid Polhukam PKS Banten, periode 2009-2014. Karir politiknya terus naik dipartai, dengan menduduki posisi yang makin tinggi hingga menjabat sebagai Ketua DPW PKS Banten di tahun 2019. Sanjuji digantikan oleh Gembong R Sumedi pada 2020, ketika dia dilantik menjadi Wakil Wali Kota Cilegon.

Kader Gerindra Aa Fawa Optimis Menang Pilkada Cianjur 2024

Sanuji Pentamarta mengaku, banyak masyarakat di Kabupaten Lebak memintanya "mudik" dan memimpin Bumi Multatuli, usai Iti Octavia Jayabaya, habis masa jabatannya sebagai Bupati Lebak.

"Coba nih orang Lebak pada pengen, warga Lebak pengen coba Pak Sanuji jadi Bupati Lebak, masyarakat begitu ya, saya siap begitu kan. Kalau di Lebak kan naik kelas, jadi calon Bupati Lebak kan," terangnya sambil berseloroh.

Sanuji mengaku hingga kini belum mendapatkan perintah resmi dari partai untuk maju kembali di pilkada. Namun, namanya ramai diperbincangkan bakal maju kembali di Pilkada Cilegon 2024. Perubahan alur politik yang dilakukan Sanuji mengagetkan publik.

Sanuji Pentamarta juga mengaku telah mendapatkan kondisi politik di Cilegon ke DPP PKS. Sinyal yang dia terima, dirinya bakal diperintahkan maju sebagai calon Bupati Lebak 2024.

"Jangan-jangan ramenya di Cilegon, daftar di Lebak, DPP merintahkan ke provinsi (cagub Banten), kan bisa jadi begitu. (Tugasnya) Kelihatannya yang agak menguat, saya ditugaskan untuk calon Bupati Lebak. Biar lebih cepet ini prosesnya ini," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya