Wisata Motor, Keliling Tiga Pulau Indonesia

Bunker di depan Museum Sejarah Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Paramayuda

VIVAnews - Mendokumentasikan budaya Indonesia. Itulah tujuan utama Wulung Damardoto, dan Aditya Birawa berkeliling di tiga pulau utama Indonesia dalam 184 hari. Ungki, begitu Wulung biasa disapa akan menempuh jarak 19.100 kilometer untuk mendokumentasikan situs-situs sejarah, kuliner, dan budaya setempat.

Video Penumpang Pikap Pakai Helm, Tetap Kena Tilang Polisi

Tiga pulau utama itu adalah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Pada akhir perjalanan mereka akan melintasi Jawa dan Bali. Dua lelaki itu akan merekam budaya dengan mengendarai motor, ditemani satu tim kendaraan roda empat. Dokumentasi itu diabadikan melalui video, foto, dan jurnal.

Ekspedisi yang diberi nama Indonesia Exploride akan membuat rute bagi pengendara motor yang ingin berpetualang. "Kami akan menjadikan ini paket wisata untuk touring," kata Wulung di Jakarta, Minggu 20 Februari 2011.

Dia menjelaskan, jalan di Indonesia memiliki keunggulan bagi pengendara motor. "Kami akan memperlihatkan rute yang jalannya tidak selalu baik, sebagian besar jalan di Jakarta off road," ujar dia.

Indonesia, menurut Wulung, tertinggal jauh dari Vietnam dan Kamboja mengenai wisata touring ini. Vietnam misalnya telah mempromosikan motor tour dengan biaya US$1.500-3.000 per paket selama tujuh hari. "Kami bisa menawarkan lebih rendah dan saya yakin banyak yang akan berminat, terutama wisatawan mancanegara," tutur dia.

Indonesia Exploride ini direncanakan ditayangkan pada stasiun televisi swasta dan perkembangannya akan di-update melalui Twitter. "Akan tayang di mana belum kami putuskan. Ada dua stasiun televisi yang berminat, tapi bentuknya merupakan reality show sehingga menarik," kata Renitasari, Corporate Communication Manager Djarum selaku promotor ekspedisi ini.

Tidak hanya itu, hasil jepretan dan video nantinya akan diunggah pada situs Indonesiakaya.org milik Djarum Foundation. "Tapi, Indonesia Exploride hanya 30 persen dari keseluruhan content," kata dia.

Sisanya akan dilengkapi berdasarkan data dari Kementerian Budaya dan Pariwisata. "Mereka sudah bilang siap untuk membantu kami," kata Renita.

Situs ini akan diluncurkan mulai Mei 2011 bersamaan dengan tayangan di televisi nasional.

Perjalanan Indonesia Exploride dimulai hari ini dengan tujuan pertama melalui jalur darat dan laut serta akan berakhir pada pekan pertama April 2011. Lokasi pertama yang akan disinggahi adalah Provinsi Lampung. Rombongan akan mengunjungi Way Kambas, pusat pelatihan gajah.

Sejumlah lokasi yang akan dilalui selama di Sumatera, antara lain Bangka Belitung, Pekanbaru, Siantar, Samosir-Toba, Gunung Sibayak, Taman Nasional Gunung Leuser, Kepulauan Sabang, Pantai Sorake, dan Bukittinggi.

Setiap lokasi Wulung dan tim akan menghabiskan waktu minimal tiga hari hingga tujuh hari. "Tergantung kejadian yang terjadi di sana. Kalau misalnya tiba-tiba ada festival kesenian kami mungkin akan tinggal lebih lama," ujar dia.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024

Gerindra: PDIP Tidak Punya Masalah dengan Prabowo, Kami Juga Tak Punya Masalah dengan Bu Mega

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra mengatakan bahwa rencana pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri hanya persoalan waktu.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024