Pemudik, Ini Fasilitas yang Tersedia di Tol Cipali

Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), salah satu jalur yang akan dilalui pemudik.
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – PT Lintas Marga Sedaya, selaku pengelola ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan, melakukan berbagai insiatif penyediaan layanan dan fasilitas tambahan untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna ruas tol terpanjang di Indonesia yang melintasi lima kabupaten itu.

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto mengatakan, pada musim Lebaran tahun ini, dari sisi fasilitas untuk peningkatan aspek keselamatan, pihaknya menyediakan wire rope di daerah tikungan untuk mencegah terjadinya kendaraan pindah jalur.

Di samping itu, perusahaan juga memasang penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di beberapa lokasi. “Ini untuk melengkapi PJU tenaga surya konvensional yang telah terpasang sebelumnya, dan sesuai aturan desain jalan tol," kata Hudaya, dalam keterangan resmi yang diterima VIVA.co.id, Sabtu 2 Juli 2016.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Sementara untuk tempat peristirahatan (rest area), Hudaya menambahkan terdapat delapan rest area yang telah beroperasi untuk mendukung kenyamanan para pengguna tol Cipali. Fasilitas ini terdiri dari empat rest area tipe A, dan empat rest area tipe B.

Untuk empat rest area tipe A, Hudaya bilang telah dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum yang berlokasi di KM 102 arah Cirebon, KM 102 arah Cikopo, KM 166 arah Cirebon dan KM 164 arah Cikopo.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Sedangkan, empat rest area tipe B, berlokasi di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Cikopo, KM 130 arah Cirebon, dan KM 130 arah Cikopo.

Selain itu, lanjut Hudaya, pihaknya menambah pasokan air bersih dan kapasitas tanki penyimpanan air di seluruh rest area tipe B hingga lima kali lipat.

Fasilitas toilet umum juga ditambah untuk mengantisipasi banyaknya pengguna rest area. “Kami turut menambah kapasitas kendaraan parkir,” ungkap Hudaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya