Brimob 'Asmaul Husna' Polda Banten Dikirim ke Jakarta

Pasukan Brimob saat berbaris (foto Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id - Satu kompi pasukan Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah Banten, dikirim ke Jakarta, untuk membantu pengamanan aksi unjuk rasa besar-besar pada Jumat 4 November 2016. Demonstrasi itu untuk menuntut penegak hukum mengusut dugaan penistaan agama oleh calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok.

Anies Tunggu Istikharah dari Cak Imin untuk Maju Pilkada DKI 2024

Rombongan Brimob Polda Banten, diberi nama khusus, yakni Asmaul Husna (nama-nama Allah), sebelum diberangkatkan ke Jakarta. Mereka telah diperintahkan tidak bertindak represif, andai demonstrasi itu rusuh.

"Jika situasi panas, mereka yang tampil dengan berzikir. Jadi, kita melawan aksi ini tidak dengan pentungan, tetapi dengan zikir," kata Kepala Polda Banten, Brigadir Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Serang pada Rabu 2 November 2016.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Para personel Brimob 'Asmaul Husna' itu akan bergabung dengan prajurit Brimob dari 17 polda se-Indonesia. Mereka diminta bantuan oleh Markas Besar Polri dan Polda Metro Jaya untuk mengamankan demonstrasi pada Jumat nanti.

Listyo turut memantau situasi dan menjaga keamanan Banten, dengan bersilaturahmi dengan para pimpinan pesantren, ulama, dan tokoh masyarakat setempat. Dia menyarankan, warga Banten, menyampaikan aspirasinya di daerah setempat dan tak perlu pergi ke Jakarta.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

"Aspirasi sampaikan saja di wilayah kita, karena di sana terlalu banyak (orang), khawatir disusupi kepentingan dari pihak-pihak tertentu," ujarnya.

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu pun telah menyiapkan pengamanan di wilayah Banten, berkaitan dengan demonstrasi pada 4 November 2016. Dia hanya berharap, situasi aman dan terkendali. (asp)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah

PKB Niat Usung Ida Fauziyah di Pilkada DKI, tapi Masih Butuh 10 Kursi Parpol

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berencana akan mengusung Ida Fauziyah sebagai kader PKB untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024