Bayi Terlahir Perempuan Tiba-tiba Berkelamin Ganda di Sumbar

R, seorang ibu muda warga Dharmasraya yang melahirkan bayi berkelamin ganda dengan berat 2,8 kilogram, bersama anaknya dirawat di RSUP M Djamil di Padang, Sumatera Barat, pada Selasa, 15 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id - R (23 tahun), seorang ibu muda, melahirkan bayi berkelamin ganda dengan berat 2,8 kilogram. Dia adalah warga Jorong Balai Timur, Sungai Rumbai, Dharmasraya, Sumatera Barat.

Lebih dari 500 Warga Terdampak Banjir di Kota Padang Telah Dievakuasi

Bayi itu lahir normal di Rumah Sakit Umum Daerah  Sungai Dareh pada Kamis pekan lalu. Namun kabar kelahirannya baru dipublikasikan pada Selasa, 15 Agustus 2017, setelah si jabang bayi dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil di Padang karena membutuhkan penanganan medis lebih intensif.

R mengaku terkejut sang bayi yang belum diberi nama itu berkelamin ganda. Soalnya selama masa kehamilan, dia tak tidak pernah mengalami kejanggalan. Dokter yang memeriksa kehamilannya selama ini bahkan memastikan si bayi berkelamin perempuan. Sesaat setelah persalinan pun dokter menyatakan kelamin anaknya perempuan.

Kota Padang Siaga 1 Banjir, Evakuasi Warga Terus Dilakukan

Dua hari setelah persalinan, kata R, bayinya mengalami gejala kekuningan dan terus menangis. Saat itu, dokter bilang mungkin saja kekurangan asupan ASI. Namun setelah diperiksa, dokter pada RSUD Sungai Dareh melihat perubahan tak wajar pada kondisi sang bayi: awalnya hanya berjenis kelamin perempuan, ternyata sudah bertambah kelamin laki-laki.

Tak mau mengambil risiko, RSUD Sungai Dareh menganjurkan agar sang bayi dirujuk ke RSUP M Djamil di Padang. Alasannya, fasilitas maupun tenaga medis di RSUP M Djamil lebih mumpuni.

Gubernur Sumbar Bawa Istri dan Anak Mencoblos di TPS 12 Jati Baru

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id di ruang inap Anak RSUP M Djamil, buah hati mereka tampak sehat. Si bayi masih berada di dalam tabung inkubator dan dipasangi sejumlah alat perawatan medis. RSUP M Djamil belum bisa dikonfirmasi tentang kondisi kesehatan, termasuk soal langkah penanganan medis selanjutnya, terhadap sang bayi.

Lokasi Longsor di Langgai

10 Warga di Pesisir Selatan Sumbar Dikabarkan Hilang Tertimbun Longsor

Regu penyelamat gabungan pun sudah dikerahkan untuk melakukan pencarian warga yang hilang.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024