Eks Ratu Waria: LGBT Selalu Jadi Komoditas Politik

Ilustrasi kelompok LGBT
Sumber :
  • VIVA/spectrum.com

VIVA – Merlyn Sopjan, Ratu Kecantikan Putri Waria Indonesia 2006, membuka suaranya tentang polemik lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Dia mengaku mengamati bahwa isu LGBT selalu menjadi komoditas politik, terutama menjelang pilkada dan pemilu.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Merlyn mengatakan itu merespons kontroversi tentang pernyataan Ketua MPR Zulkifli Hasan yang menyebut ada lima fraksi di DPR yang setuju LGBT dan mau melegalkannya melalui undang-undang.

Isu LGBT ini selalu menjadi komoditas, seperti musim kemarau dan musim hujan, saat musim pilkada dan pemilu presiden," katanya dalam program Indonesia Laywers Club tvOne pada Selasa malam, 23 Januari 2018.

Selangkah Lagi Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

Aktivis kesetaraan hak-hak kelompok waria itu mengkritik sebagian besar kalangan yang menganggap LGBT sebatas isu seputar penyimpangan seksual. Padahal, katanya, hal yang lebih diutamakan bagi kalangan pegiat LGBT adalah pengakuan kesetaraan sebagai manusia dan warga negara.

Merlyn, yang mengaku telah lebih 40 tahun bergiat memperjuangkan kesetaraan LGBT, mengungkapkan betapa selama ini kaumnya sering didiskriminasi dalam masyarakat, susah mendapatkan pekerjaan yang layak. Tetapi masyarakat, terutama para pemangku kebijakan, selalu menganggap kaum LGBT menuntut pelegalan pernikahan sejenis.

7 Kedekatan Cristiano Ronaldo dengan Islam, No 5 Enggak Nyangka Banget

"Saya waktu umur dua puluh tahun, ikut Kongres LGBT di Malang, sampai hari ini saya menjadi aktivis HAM, tidak ada menuntut pernikahan sejenis," katanya. "Jangan yang sejauh itu (menuntut pelegalan pernikahan sejenis), untuk hidup saja susah."

Ilustrasi LGBT

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Pengadilan Tinggi Dominika telah membatalkan larangan hubungan sesama jenis atas dasar suka sama suka di negara kepulauan Karibia tersebut. Berikut penjelasan lanjutnya

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024