Rupa-rupa Arti dan Makna Nomor Urut Bagi Partai Politik

Penetapan nomor urut parpol peserta Pemilu 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Komisi Pemilihan Umum telah melangsungkan pengundian nomor urut 14 partai politik peserta Pemilihan Umum 2019. Pengundian ini diikuti para pengurus 14 partai politik tersebut di kantor KPU, Jakarta, Minggu malam 18 Februari 2018.

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

Lantas apa arti dan makna nomor urut tersebut bagi partai politik di Indonesia?

Ketua Umum Partai Golkar, Arilangga Hartanto, menilai ditetapkannya nomor urut empat bagi partai Golkar sangat sesuai dengan visi dan tujuan partai yaitu mendukung empat pilar bangsa di Tanah Air.

KPU Jawa Barat Batal Rekapitulasi Nasional Hasil Pemilu 2024 dan Diundur Selasa

Menurutnya, Partai Golkar sangat mendukung perjuangan empat pilar yang diinisiasi oleh almarhum Taufik Kiemas mantan Ketua MPR RI yaitu memperjuangkan dasar-dasar negara Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, menurut Menteri Perindustrian itu, nomor empat juga menandakan dengan program kemenangan partai Golkar yang disebut Catur Sukses. Di samping itu, nomor empat juga mengartikan program yang dicanangkan partai Golkar yaitu empat program sembako murah.

Prabowo-Gibran Disahkan KPU Unggul di Papua Barat Daya

Kemudian, untuk Partai Nasdem, nomor urut lima yang didapat memiliki arti yang sangat baik. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate mengatakan nomor urut yang didapat partainya untuk pemilu 2019 telah sesuai dengan visi partainya selama ini.

Menurut dia, nomor tersebut seperti Pancasila yang memiliki lima dasar negara dan nomor lima tersebut untuk restorasi Indonesia. Untuk itu, Ia mengapresiasi jajaran KPU dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk merebut hati rakyat.

Mengenang Masa Lalu

Sementara itu, untuk PDI Perjuangan nomor urut tiga yang didapatnya pada Pemilu 2019 mendatang adalah seperti mengenang masa-masa perjuangan dahulu saat melawan diktator politik Orde Baru. 

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, merasa bahagia dengan perolehan nomor urut tiga dalam pesta demokrasi atau pemilu 2019 mendatang. Ini mengingatkanya dengan slogan Metal 'Menang Total'.

Ia menambahkan, angka tiga memiliki sejarah perjuangan panjang bagi partai PDI Perjuangan. Menurut Megawati, salam metal yang disimbolkan dengan mengacungkan tiga jari metal memiliki sejarah perjuangan yang sangat panjang bagi partainya.

"Tiga itu adalah metal, banteng menang, menang total. Jadi itu tolong disebarkan karena pasti kalau namanya banteng pasti tahu yang namanya metal, karena dulu kita dengan nomor tiga selalu mengatakan metal, PDI Perjuangan menang. Menangnya itu huruf E nya diganti angka 3, M3nang gitu," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya