Hanafi Rais Bantah PAN Akan Merapat ke Jokowi

Pimpinan Partai Amanat Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA – Jelang Pemilihan Presiden 2019, Partai Amanat Nasional diisukan akan merapat ke Joko Widodo. Namun, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais membantah Ketua Umumnya Zulkifli Hasan pernah mengatakan PAN condong ke Jokowi.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Enggak. Pak Zul enggak pernah ngomong gitu," kata Hanafi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 9 April 2018.

Hanafi menegaskan, acuan resmi partainya, yakni sikap yang akan dikeluarkan di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang rencananya akan digelar bulan Mei tahun ini. Selebihnya, menurutnya, baru pandangan-pandangan pribadi.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

"Secara resmi, pasti akan ada sikap yang solid, sikap tunggal terkait dengan Pilpres. Jadi, don't worry, pokoknya enjoy the game," ujar Hanafi.

Mengenai apakah sikap Ketum PAN dan pendiri PAN Amien Rais akan berbeda nanti, Hanafi hanya meyakini keduanya tidak akan membiarkan PAN menjadi terbelah nantinya.

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

"Saya punya keyakinan bahwa soliditas PAN ini selalu ada dalam benak beliau berdua itu. Katakanlah, selama ini ada pandangan politik berbeda, itu biasa-biasa saja," kata putra Amien ini.

Menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019, PAN merupakan salah satu partai yang belum menyatakan dukungan. Selain PAN, ada Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat yang belum menentukan sikap.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021