Dua Anak Amien Jadi Anggota DPR, Hanum Bantah Politik Dinasti

Anggota DPRD DIY dari PAN Hanum Rais
Sumber :
  • VIVA/ Cahyo Edi.

VIVAnews - Dua anak Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional, Amien Rais, dilantik menjadi anggota DPRD DIY, Senin, 2 September 2019. Kedua anak Amien Rais yang dilantik adalah Hanum Salsabiela Rais dan Ahmad Baihaqy Rais.

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Terpilih menjadi anggota DPRD DIY disebut Hanum Rais bukanlah untuk untuk mewakili keluarga besar Amien Rais. Menurut Hanum Rais, sebagai anggota DPRD DIY, dia maupun Baihaqy mewakili masyarakat yang telah memberikan hak suara kepadanya.

"Saya rasa kehadiran saya dan Haqy (Baihaqy) bukan mewakili satu orang atau satu keluarga tapi mewakili masyarakat. Tadikan disumpah jabatan. Kita juga mewakili masyarakat yang telah memilih kami," ujar Hanum usai pelantikan.

Amien Rais Temui Abu Bakar Ba’asyir di Ngruki, Ada Apa?

Hanum menyebut jika terpilih dia dan Baihaqy menjadi anggota DPRD DIY bukanlah karena pengaruh keluarga maupun sosok Amien Rais di PAN. Hanum menjadi anggota DPRD DIY lewat mekanisme yang sah dan melalui proses kepartaian.

"Saya rasa kami sudah melalui mekanisme kepartaian. Kami ikut bertarung (kampanye dan Pileg). Kami duduk di sini juga istilahnya melalui sistem meritokrasi. Ya nanti kita lihat bagaimana kapabilitas dan kompetensi kami," tegas Hanum.

Amien Rais Ubah Singkatan MK: Majelis Khianat

Hanum mengungkapkan, meski tak mau dianggap membawa nama Amien Rais. Namun, dirinya tak membantah jika sang ayah memberikan banyak nasehat kepada dirinya dan Baihaqy.

"Sebelum ke sini (pelantikan anggota DPRD DIY), sungkeman dulu dengan Pak Amien dan Bu Amien selaku orang tua saya. (Pak Amien) memberi wejangan bahwa menjadi anggota dewan ini sebuah jabatan yang bisa menjadi jalan tol ke surga tapi juga bisa jadi jalan tol ke neraka," kata Hanum.

Sedangkan menurut Baihaqy, dia pun mendapatkan wejangan dari Amien Rais. Baihaqy menjelaskan jika Amien Rais memintanya agar selalu menjaga amanah dari para pemilih yang telah memberikan suaranya.

"Pesan Bapak yang jelas sebagai wakil rakyat ya harus amanah. Mementingkan kepentingan masyarakat. Jangan mengecewakan para pemilih," ungkap Baihaqy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya