Akademisi Sebut Ganjar-Erick Diinginkan Melanjutkan Kepemimpinan Jokowi

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar Pranowo di CFD Solo.
Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar Pranowo di CFD Solo.
Sumber :
  • KBUMN.

VIVA Politik – Keberlangsungan kepemimpinan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dinilai akan bisa dilakukan oleh pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Penilaian itu juga atas dasar survei terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini.

Akademisi sekaligus dosen Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Mada Sukmajati mengatakan sebagian publik menginginkan kepemimpinan Jokowi dilanjutkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

"Saat ini publik menginginkan sosok pemimpin nasional yang menawarkan meneruskan program presiden sebelumnya," kata Mada Sukmajati melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

Hal tersebut disampaikannya menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang mengungkapkan elektabilitas sejumlah tokoh nasional yang diperkirakan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam survei simulasi pasangan yang digelar 1-6 Desember tersebut, Ganjar-Erick memperoleh elektabilitas 38,6 persen atau unggul dari pasangan Anies-AHY yang meraih elektabilitas 35,4 persen, dan Prabowo-Puan 19,8 persen.

"Tingginya elektabilitas pasangan Ganjar Erick lantaran publik masih menginginkan sosok kepemimpinan bangsa seperti Presiden Joko Widodo," ujar dia.

Ia mengatakan fenomena calon pemilih saat ini berbeda dari Pemilu 2014. Saat itu, pemilih menginginkan perubahan gaya kepemimpinan nasional. Misalnya dekat dengan masyarakat, sederhana, ramah, dan kerja nyata.

Halaman Selanjutnya
img_title