Petinggi PKB: Reshuffle Belum Rabu Pon 1 Februari, Cuacanya Masih Buruk

Jokowi pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik - Santer isu reshuffle akan kembali dilakukan Presiden Jokowi pada Rabu Pon, 1 Februari 2023. Isu itu pun jadi sorotan yang diperbincangkan publik.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazuli Fawaid alias Gus Jazil menyayangkan isu reshuffle yang terus jadi perbincangkan tersebut. Menurut dia, isu reshuffle dikhawatirkan malah bisa berdampak pada kinerja para menteri yang tak fokus lagi dalam menjalankan tugasnya.

"Menurut saya sudah berapa bulan diperbincangkan. Saya kasihan saja sama menteri-menterinya karena kan jadi nggak fokus," kata Gus Jazil, Selasa, 31 Januari 2013.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Baca Juga: Istana Buka Suara Kabar Santer Jokowi Mau Reshuffle Rabu Pon

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Maka itu, Jazil meminta Presiden Jokowi bisa segera memberi kepastian soal reshuffle kabinet. Menurutnya, jika memang tak ada reshuffle, ya sebaiknya diumumkan.

“Kalau memang harus reshuffle, ya reshuffle, supaya tidak menjadi beban untuk para menteri," ujarnya.

Meski demikian, Gus Jazil mengakui hal itu sebagai hak prerogatif Jokowi selaku Presiden. Namun, dia meyakini reshuffle kabinet belum dilakukan pada Rabu pon, 1 Februari 2023.

"Itu kebiasaan Pak Jokowi, Kalau menurut saya belum, belum Rabu pon tanggal 1 ini karena cuacanya masih buruk," ujarnya.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kiri).

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut, Gus Jazil juga optimis menteri-menteri dari PKB tidak akan kena jika ada reshuffle. Dia mengklaim hingga saat ini, menteri PKB sudah menunjukkan kinerja yang baik.  Selain itu, dia juga mengklaim, PKB juga solid dengan pemerintah.

"Kalau untuk PKB, sepanjang yang saya tahu memang nggak ada alasan untuk reshuffle. Kinerjanya masih cukup bagus," tuturnya.

Untuk diketahui, PKB di Kabinet Indonesia Maju saat inipunya tiga jatah posisi menteri. Ketiganya yakni Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar; Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya