Pertemuan Cak Imin dan Airlangga Hartarto, Golkar-PKB Tunjuk Tim Sukses Koalisi Inti

Pertemuan Muhaimin Iskandar dan Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA PolitikKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Plataran Senayan pada Rabu, 3 Mei 2023. Tampak, Airlangga memakai baju batik hijau, peci hitam. Sedangkan Cak Imin, begitu Muhaimin biasa disapa, mengenakan baju kemeja putih serta peci hitam.

Cak Imin Akui Masih Bawa Misi Perubahan: Kalau Enggak Ada, Collaps Kita

Airlangga mengaku, banyak yang dibicarakan dalam silaturahmi halal bihalal dengan Cak Imin serta jajaran pengurus PKB, termasuk koalisi masing-masing yang saat ini telah dibangun partai tersebut. Dalam Koalisi Indonesia bersatu (KIB), ada Partai Golkar, PAN dan PPP. Sedangkan PKB membangun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra.

Namun, lanjut dia, pembahasan selanjutnya diharapkan ada pembicaraan soal koalisi besar antara PKB dengan Partai Golkar.

Cak Imin Sebut Pembangunan selama Sepuluh Tahun Terakhir Terlampau Sentralisasi

“Besar itu membutuhkan koalisi inti dan koalisi inti itulah yang kita duduk bersama, dimana koalisi inti ini antara Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa,” kata Airlangga.

Bahkan, Airlangga menyebut dalam pertemuan ini sudah menunjuk tim pemenangan. Dimana dari Golkar yaitu Nusron Wahid dan Faisol Riza dari PKB. Jadi, kedua tim ini akan duduk untuk meneruskan langkah-langkah teknis.

Airlangga Optimis Pemerintah Bisa Capai Visi Indonesia Emas 2045

“Banyak hal tadi yang teknis juga dibicarakan dengan Pak Ketua Umum, Pak Muhaimin Iskandar,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu.

Jelas dia, kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut setelah pertemuan 6 pimpinan partai politik bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa malam, 2 Mei 2023. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengingatkan bahwa 13 tahun kedepan ini adalah masa persimpangan jalan antara Indonesia menjadi negara maju atau berada dalam jebakan negara berpendapatan menengah.

“Oleh karena itu, hari ini direspons dengan pertemuan Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Golkar, bahwa kita siap untuk menjadi inti daripada menjaga pembangunan dan melakukan komunikasi-komunikasi politik terhadap partai-partai yang memang ingin melanjutkan program ke depan agar kita tidak jatuh jadi negara berpendapatan rendah,” jelas dia.

Sementara Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan halal bihalal dengan Airlangga Hartarto lengkap dengan jajaran pengurus, membicarakan hal-hal yang strategis. Menurut dia, halal bihalal sebagai forum untuk saling memaafkan telah dilaksanakan.

“Kami juga melakukan berbagai ikhtiar dan usaha bersama menatap Indonesia masa depan,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya