Anies Baswedan Tak Gentar Lawan Kekuatan Sangat Besar di Pilpres 2024

Bakal calon presiden Anies Baswedan yang didukung Koalisi Perubahan.
Sumber :
  • ANTARA/Ananto Pradana

VIVA Politik – Anies Baswedan yang telah dideklarasikan 3 partai politik dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan sebagai Capres 2024, siap bertarung pada Pilpres 2024. Walau yang akan menjadi kompetitornya adalah lawan dengan kekuatan besar.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Anies Baswedan mengatakan, langkahnya untuk memenangkan Pilpres 2024 tidak akan mudah. Sebab, lawan politiknya memiliki kekuatan yang sangat besar. Tetapi ia tidak gentar dengan kekuatan besar tersebut. Itu disampaikan Anies Minggu kemarin, di Tennis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno Jakarta,  saat hadir dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES).

"Kita berhadapan dengan sebuah kompetisi, kompetisi gagasan, kompetisi rencana, kompetisi rekam jejak. Dalam kompetisi ini, kita akan berhadapan dengan lawan yang memiliki sumber daya yang luar biasa besar," kata Anies, dikutip Senin 8 Mei 2023.

Kans Anies Maju Lagi di Pilgub Jakarta 2024, Cak Imin: Dia Selalu Bilang Jeda Dulu

Anies menilai, lawan politiknya itu sangat kuat dan bisa mendominasi suara. Kendati begitu, Anies yakin tujuannya untuk membawa perubahan bagi masyarakat akan dimudahkan. 

"Lawan itu memiliki kekuatan yang sangat besar, lawan yang bisa mendominasi. Tapi, kami yakin niat baik bersama orang baik, tujuan baik, Insyaallah Allah bukakan pintu-pintu keberhasilan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu bahkan menegaskan, dirinya tak akan pernah gentar menghadapi lawan politiknya itu. Kata dia, perlawanan akan dilakukan dengan memaksimalkan kekuatan spiritual.

"Kita tidak pernah gentar dengan ukuran material, kita akan terjunkan kekuatan spiritual yang kita miliki untuk meraih yang dijanjikan republik ini. Ini bukan tentang satu orang, bukan tentang satu partai, ini adalah nasib dan masa depan bangsa," papar Anies.

Hingga saat ini, setidaknya ada 3 poros koalisi yang diprediksi akan bertarung pada pemilu nanti. Selain Koalisi Perubahan sebagai gabungan dari PKS, Partai Nasdem dan Partai Demokrat, juga ada dari PDIP yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo. PPP juga sudah memutuskan mendukung Ganjar. Sementara satu capres lain diperkirakan adalah Prabowo Subianto yang akan diusung Partai Gerindra dan PKB (KKIR). Partai Golkar diprediksi juga akan berada dalam barisan ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya