Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies versi Charta Politika, PDIP Bilang Survei Bukan yang Utama

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ahmad Basarah, Adian Napitupulu dan Rizky Aprilia
Sumber :
  • VIVA/ Zendy Pradana

VIVA PolitikPDIP menyambut positif hasil survei Charta Politika tentang elektabilitas para bakal calon presiden dan partai politik peserta pemilu tahun 2024. Charta Politika menyebut bakal capres Ganjar Pranowo dan PDIP menempati posisi teratas.

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

"PDI Perjuangan menempatkan survei sebagai salah satu indikator. Menjalin komunikasi dan kerja nyata di tingkat akar rumput tetap menjadi prioritas utama. Bakal capres Ganjar pun memegang prinsip tersebut, sehingga tidak akan terlena dengan hasil survei karena Ketua Umum Ibu Megawati selalu mengingatkan pentingnya turun ke bawah," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Selasa, 16 Mei 2023, menyikapi survei Charta Politika.

Hasto mengklaim, PDIP sangat bersyukur bahwa efek deklarasi yang dirancang khusus dan diumumkan oleh Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat, berdampak pada meroketnya elektoral PDIP dan Ganjar Pranowo.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

Bakal capres Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi kader PDIP Jawa Barat

Photo :
  • Istimewa

Selain hal tersebut, 67 persen responden mempersepsikan Ganjar Pranowo sebagai sosok yang dinilai paling mampu melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi, katanya.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Hasto menambahkan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa kerja elektoral perlu topangan momentum politik, dukungan pergerakan kekuatan yang terorganisasi, yakni partai yang menyatu dengan kekuatan rakyat, termasuk para relawan, sehingga menciptakan “electoral power” yang bersifat sky rocketing.

"Momentum dukungan positif tersebut dikelola oleh PDI Perjuangan dengan mendorong seluruh jajaran Partai bersama seluruh elemen masyarakat dan relawan untuk bergerak serentak, turun ke bawah dan mengisi pergerakan rakyat narasi yang pada dasarnya terus mempercepat terhadap apa yang sudah dicapai Presiden Jokowi dengan tingkat kepuasan yang tinggi," kata Hasto.

Berdasarkan hasil rilis survei terbaru Charta Politika, Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo, menempati posisi teratas. Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama.

Megawati Soekarnoputri bersama elite PDIP di sekolah PDIP, Lenteng Agung.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

Berdasarkan hasil survei itu, Ganjar Pranowo dipilih oleh 38,2 persen responsen, disusul Prabowo Subianto dengan 31,1 persen, dan Anies Baswedan yang meraih 23,6 persen. Sementara itu, untuk partai politik, elektabilitas partai politik PDIP menempati urutan pertama dengan 22,1 persen.

Hasto pun mengatakan, kerja sama politik dalam rangka memenangkan bakal capres Ganjar Pranowo akan dilakukan. 

"Kerja sama politik dalam bingkai memperkuat sistem presidensial akan dilakukan. Semangatnya membangun Indonesia itu tidak bisa sendiri. Maka akan dilakukan kerja sama dengan partai politik untuk memperkuat keunggulan strategis Ganjar Pranowo," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya