Survei Populi Center: Prabowo Capres Paling Tegas, Ganjar Paling Ramah, Anies Paling Agamais

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik – Survei Populi Center telah mengeluarkan sejumlah hasil survei elektabilitas nama yang menjadi Bakal Calon Presiden (Bacapres) dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) di Pilpres 2024. Prabowo pun punya nilai elektabilitas yang tinggi ungguli Ganjar dan Anies.

Prabowo Tersenyum Sambil Acungkan Jempol Saat Ditanya Isu Khofifah Bacawapres

Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengatakan bahwa Prabowo pun menjadi salah satu tokoh Bacapres yang memiliki nilai paling tinggi yang dianggap paling tegas dan berwibawa. Ia mendapatkan angka survei dianggap paling tegas sebanyak 58,4 persen dan paling berwibawa 51 persen.

"Disusul Ganjar dengan angka tokoh tegas 22,1 persen dan berwibawa 20,0 persen. Anies dapat angka tokoh tegas 13,8 persen dan berwibawa 22,3 persen," kata Rafif kepada wartawan di Jakarta Selatan, Senin 29 Mei 2023.

SBY Puji Luhut, Sebut Man of Ideas and Actions

Kemudian, Ganjar Pranowo menjadi tokoh paling ramah ungguli Prabowo dan Anies dengan angka 48,3 persen dan tokoh paling keren atau kekinian 39,8 persen.

Anies-Cak Imin Bertemu Rizieq Shihab, Hotman Paris Diadukan ke Polisi oleh Remaja Perempuan

"Sementara untuk tokoh yang paling agamais, jawaban teratas ialah Anies Baswedan 34,8 persen," kata Rafif.

Sebelumnya diberitakan, Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengatakan bahwa Prabowo Subianto ungguli Anies dan Ganjar menjadi tokoh bacapres tahun 2024 yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. 

Prabowo memang menjadi tokoh yang paling banyak dipilih masyarakat jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini.

"Elektabilitas calon presiden, data menunjukan terdapat peningkatan elektabilitas Prabowo Subianto. Pada pertanyaan top of mind, Prabowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai presiden apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini," ujar Rafif di Acara Road To 2024 Elections 'Siapa Menangkap Jokowi Effect' di Jakarta Selatan, Senun 29 Mei 2023.

Prabowo Subianto mendapatkan angka 22,8 persen, disusul Ganjar Pranowo 21,2 persen dan Anies Baswedan 13,5 persen.

"Adapun nama-nama lain mendapatkan persentase di bawah 10 persen," kata dia.

Kemudian, Prabowo juga unggul tipis dari Ganjar Pranowo atas tiga pertanyaan simulasi calon presiden.

"Prabowo unggul dengan 35,8 persen, unggul tipis atas Ganjar 34,4 persen kemudian disusul Anies dengan 21,5 persen," ucap Rafif.

Sebagai informasi Populi Center melakukan metode pengambilan survei ini dilakukan melalui wawancara secara tatap muka atau face to face interview. Wawancara itu dilakukan dari 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat dengan Margin of Error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun, survei ini bersifat penelitian kebijakan dan opini publik yang bersifat non profit. Survei ini dilakukan di 38 Provinsi di Indonesia dan juga termasuk pada empat daerah otonomi baru yakni Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya