Soal Bakal Cawapres, Ganjar Pranowo: Nanti Akan Kami Rapatkan, Jadi Sabar

Ganjar Pranowo hadiri rakernas PDIP di sekolah PDIP Lenteng Agung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta – Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo buka suara terkait calon wakil presiden yang akan mendampingi dia maju di Pilpres 2024 mendatang.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Ganjar meminta semua pihak untuk bersabar dan menunggu terkait cawapres. Dia menegaskan, PDIP maupun parpol pengusungnya belum mengerucutkan nama cawapres.

Sebab, PDIP masih menunggu beberapa parpol lagi yang akan mendeklarasikan dukungannya terhadap Ganjar. "Jadi urusan cawapres karena banyak partai-partai masih akan bekerja sama dengan PDIP, maka partai akan belajar dan berembuk masing-masing juga melemparkan nama," kata Ganjar saat konferensi pers, di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Bacapres

Photo :
  • 1486085

Semua partai yang mengusungnya, kata Ganjar, bakal merembukkan sejumlah nama untuk diputuskan menjadi pendampingnya sebagai cawapres.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Silakan dimasukkan (nama cawapres), nanti akan kami rapatkan dan setelah mengerucut akan dikomunikasikan dengan cawapresnya. Jadi sabar," ujar Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Keamanan, Puan Maharani membeberkan beberapa nama tokoh nasional yang masuk ke dalam radar calon wakil presiden (cawapres) untuk maju mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Puan menyebutkan banyak nama seperti, Menkopolhukam, Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Menteri BUMN, Erick Thohir, Menparekraf, Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY Ya kan? Pak AHY, Pak.. Sopo lagi Mas? Pak Airlangga, ya kan?" kata Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Dari nama-nama cawapres tersebut, kata Puan, PDI Perjuangan akan mempertimbangkan untuk bisa bekerja sama sesuai dengan visi-misi Ganjar Pranowo. Dia juga menyebutkan, tokoh-tokoh yang masuk ke dalam bursa cawapres itu memiliki kelebihan masing-masing. 

"Nama-nama itu ya termasuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan, kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon presiden dari PDI Perjuangan, sesuai dengan visi-misi, cita-cita, dan lain sebagainya," ujar Puan.

"Jadi nama tetap akan ditentukan nanti tapi belum hari ini. Jadi masih menimbang nama-nama yang ada," katnya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya