Transformasi Jadi Partai Multi Segmen, PAN Dinilai Bisa Masuk ke Semua Spektrum Politik

Bendera Partai Amanat Nasional. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang bisa masuk ke berbagai spektrum politik Indonesia. Kader PAN memiliki kompas politik melalui Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan (Zulhas).

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Hal itu dikemukakan Pengamat Politik M. Faishal Aminuddin. “Saya kira PAN sampai saat ini pengaruh ketua umum masih sangat kuat,”  ujar Faishal yang juga Dosen Universitas Brawijaya ini, Selasa, 6 Juni 2023.

Faishal menilai, Zulhas memiliki pengaruh besar dalam kebijakan partai. Hal tersebut yang membuat PAN menjadi partai politik yang solid secara struktural maupun kuat dengan dukungan massa simpatisan yang militan.

Zulhas: Katanya PAN Cuma Bisa Joget, Eh yang Menang Capresnya Gemoy dan Bisa Joget

Kepiawaian PAN dalam meredam faksionalisme partai menjadi kekuatan yang bisa mempengaruhi elektoral partai. Terbukti, menurut Faishal, meski PAN yang kini bertransformasi menjadi partai multi segmen, massa pendukung dan struktur partai solid menerima keterbukaan ideologi.

Ketua

Photo :
  • 1478475
Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Menurut dia, saat ini PAN masih kuat dengan afiliasi Muhammadiyah plus dukungan NU yang semakin melekat. Potensi dukungan massa akar rumput tersebut perlu dikonsolidasikan untuk memberikan insentif elektoral bagi partai. “PAN salah satu partai yang nurut dengan ketua umum sehingga lebih tertib dan satu suara,” kata Faishal.

Kekuatan kader PAN melalui Ketua Umum Zulkifili Hasan di koalisi Presiden Joko Widodo juga turut memberikan dampak elektoral yang potensial untuk Pemilu 2024. Ke depan, menurut Faishal, PAN potensial menjadi partai yang disenangi publik dengan berbagai kebijakan pro rakyat dan ideologi yang terbuka mampu merangkul berbagai segmen. “PAN banyak berbaur dengan semua kalangan, seperti NU dan organisasi di luar Muhammadiyah,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya