Nama Gibran hingga Ridwan Kamil Masuk Radar Cagub DKI Hasil Rembuk Rakyat PSI

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta - Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk radar bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta yang akan diusung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagaimana hasil rembuk rakyat yang dilakukan PSI.

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

"[Rembuk Rakyat] sudah berjalan sekitar kurang lebih dua bulan, jadi masyarakat Jakarta sudah memilih calon yang ada di rembuk rakyat. Ada Mas Gibran, ada Bang Zaki (Bupati Tangerang Ahmed Zaki), ada Ridwan Kamil, ada Grace Natalie, dan figur lain," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI William A Sarana kepada wartawan, Selasa, 20 Juni 2023. 

William menyebut ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Gibran masuk ke dalam radar cagub DKI Jakarta. Pertama, Gibran dinilai telah berhasil memimpin kota Solo selaku Wali Kota.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tampak mendampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja di Kota Solo.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq.

Menurutnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sangat layak untuk melanjutkan kiprahnya di dunia politik dengan memimpin DKI Jakarta. Sebab, kepemimpinan Gibran dinilai dapat membawa perubahan bagi Jakarta.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Mas Gibran, menurut saya, pemimpin yang berhasil memimpin kotanya. Jadi, menurut saya, Mas Gibran sebagai Wali Kota Solo sudah berhasil menunjukkan kepemimpinannya dan menurut saya sangat layak Mas Gibran untuk bisa menjadi pemimpin di level berikutnya," ujarnya.

"DKI Jakarta memerlukan sosok seperti Mas Gibran yang tegas dan bisa membawa perubahan bagi Jakarta.”

William mengatakan nama-nama yang masuk ke radar cagub DKI Jakarta itu akan disaring lagi oleh internal PSI dan bakal diumumkan pada Jumat, 23 Juni 2023 mendatang. Ia memastikan, sosok nama bakal cagub DKI dari PSI yang disajikan ke publik itu layak untuk memimpin Jakarta.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Photo :
  • Pemprov Jabar

"Hari Jumat ini kita akan mengumumkan tiga teratas yang nantinya akan memberikan gambaran yang lebih jelas, siapa calon gubernur yang akan diusung oleh PSI. Jadi, dari internal kami menyaring secara internal, calon mana yang layak untuk kita sajikan ke publik. Jadi nanti kita hari Jumat akan mengumumkan tiga teratas dan memberikan gambaran bagi masyarakat," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya