Ganjar Di-bully Gegara Telepon Heru Budi, Pengamat: Tidak Elok, Ada Kesan Cawe-cawe

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Agenda blusukan dari bakal calon presiden (bacapres), Ganjar Pranowo menjadi sorotan dan mendapat kritikan dari banyak pihak. Cara Ganjar belusukan sambil telepon Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono karena ada keluhan warga dinilai tak tepat.

TKN Bantah Rumor Prabowo Akan Tinggalkan Relawan Pendukungnya

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin menyebut Ganjar mesti memikirkan daerah yang dipimpinnya terlebih dahulu sebelum cawe-cawe di daerah lain.

"Saya melihatnya ya bagaimanapun kan Ganjar juga jadi gubernur saat ini, Gubernur Jateng. Jateng saat ini masih banyak persoalan yang harus diselesaikan soal kemiskinan dan lain-lain," kata Ujang saat dihubungi VIVA, Senin, 26 Juni 2023.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Dia menyinggung persoalan banjir rob di Jawa Tengah yang juga belum ada solusinya. Maka itu, Ujang menilai Ganjar belum punya prestasi di Jawa Tengah.

Bacapres Ganjar Pranowo di acara puncak Bulan Bung Karno di GBK

Photo :
  • YouTube PDIP
Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Ganjar disarankan agar benahi terlebih dahulu persoalan di Jawa Tengah, sebelum melakukan belusukan ke daerah-daerah lain.

"Ya mestinya menangani prioritas-prioritas di Jateng juga gitu. Jangan sampai blusukan di daerah lain kontra produktif. Karena di Jateng juga banyak persoalan yang bisa diselesaikan begitu," tutur Ujang.

"Lebih baik kan berprestasi sendiri di daerahnya sendiri. Punya kinerja bagus dirumahnya sendiri ya, dibandingkan harus ke sana kemari di daerah orang lain," kata Ujang.

Pun, dia menyindir tindakan Ganjar yang menelepon Pj Gubernur DKI Heru Budi dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Joko Agus Setyono dinilai tidak patut dilakukan.

Menurut Ujang, hal itu terkesan seperti menyuruh Heru Budi dan Joko Agus. Sebab, Ganjar dan Heru Budi setara, sama-sama memimpin suatu daerah.

"Memang tidak pas, tidak cocok, tidak elok dalam konteks itu. Ya boleh sih boleh saja, tetapi tadi ada kesan cawe-cawe ada kesan perintah kepada Heru," tuturnya.

Dia bilang demikian karena status Ganjar masih gubernur dan didukung jadii bakal capres.

"Padahal, kan ganjar juga gubernur setara gitu. Ganjar bukan presiden, masih capres, belum presiden kan begitu," tuturnya.

Agenda belusukan Ganjar ke pasar Anyar Bahari, Warakas, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Juni 2023, mendadak jadi sorotan. Kehadirannya di Pasar Anyar itu untuk mendengarkan keluhan para pedagang.

Ganjar saat itu bermaksud menampung aspirasi para pedagang pasar. Namun, yang jadi sorotan karena Ganjar menghubungi Pj Gubernur DKI, Heru Budi.

Lalu, Ganjar menghubungi Heru Budi untuk menyampaikan keluhan para pedagang Pasar Anyar Bahari. "Halo Pak Gubernur," ujar Ganjar yang menelepon Heru melalui sambungan telepon, Sabtu, 24 Juni 2023 malam.

"Ini Pak saya mau sampaikan keluhan pedagang yang ada di pasar Anyar Bahari," kata Ganjar.

"Mohon maaf mas, saya lagi kondangan," jawab Heru.

Lantas, sambungan telepon tersebut langsung ditutup. Ganjar tak patah arang kemudian coba menghubungi Sekda DKI, Joko Agus Setyono.

Sementara itu, Sekda DKI Jakarta Joko Agus Setyono berjanji pihaknya bakal temui dengan perwakilan pedagang Pasar Anyar Bahari, Jakarta Utara untuk membahas keluhan-keluhan yang dialami di sana.

Cara Ganjar itu pun disorot netizen. Banyak yang heran dengan upaya Ganjar yang coba telepon Heru Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya